oleh

Ngantor Perdana, Onibala Buat Ketar-ketir Pejabat di Pemkab Minsel

Amurang-Hari pertama masuk kantor, Penjabat Bupati Minsel Meiki Onibala langsung menebar ancaman. Di apel perdana pada Senin (27/09) pagi tadi, dia mengingatkan pada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat sebagai ‘tim sukses’ bakal ditindak dengan tegas. Bahkan dia tidak segan-segan merekomendasikan untuk dipecar, selain sanksi administrasi.
Dia juga merujuk ASN yang memberikan simbol salah satu pasangan tertentu. Dikatakannya bahwa ia telah memiliki data mereka yang telah menjadi ‘tim sukses’. Menurutnya lagi ketidaknetralan sudah tercium saat pelantikan. “Kalian para ASN yang melanggar aturan, kalian sendiri yang memberhentikan diri sebagai ASN,” tegas Onibala.
Sejumlah pejabat eselon II, juga menjadi target nasihat keras dari Onibala. Dia mengingatkan mereka untuk berhenti menjadi ‘tim sukses’ salah satu kandidat. Dari pengamatan mayoritas pejabat eselon II dan III menunjukan keberpihakan pada salah satu paslon dengan ‘berkampanye’ secara terselubung. Dilihat dari masih menggunakan simbol-simbol paslon. “Ngoni pe lenggang kita so tau. Ngoni baru mo ba stem kita so manyanyi,” tandas Onibala.
Sekretaris Daerah (Sekda) Minsel, Denny Kaawoan pun diberi tugas baru oleh Onibala. Sebab, aset Pemkab Minsel akan diinventarisir oleh Bupati Minsel. Dia minta secepatnya diberikan laporan. Termasuk kendaraan dinas bupati yang sampai kemarin masih ‘disembunyikan’. “Pak Sekda, mulai hari semua aset harus ada,” sembur Onibala yang jabatan definitifnya sebagai Inspektorat di Pemprov Sulut.
Sejumlah tokoh masyarakat mendukung langkah tegas yang diambil oleh Penjabat Bupati. Ini dikarenakan banyak ASN terutama pejabat eselon II dan III sudah jauh dari netralitas. Terbukti dari tidak sedikitnya para pejabat yang telah diperiksa oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
“Sudah betul sikap tegas dari pak Onibala. Ini penting agar ASN di Minsel dapat belajar bahwa harus taat aturan. Selama ini sangat jelas terlihat sikap tidak tau aturan. Dengan adanya tindakan tegas semoga terjadi perubahan. Kalau tidak ingin dirubah lebih baik diistirahatkan saja supaya sadar. Kami pastinya mendukung kerja pak Onibala sebagai Penjabat Bupati,” pejuang pembentukan Minsel, Inyo Koloay.(nv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed