oleh

Siap-siap, Pilhut Serentak Tahun Depan Digelar di Minsel

Amurang – Harapan dari masyarakat di desa untuk mendapatkan hukum tua (Kumtua) definitif bakal terwujud tahun depan. Kepastian diselenggarakannya Pemilihan hukum tua (Pilhut) setelah anggarannya dimasukkan pada APBD 2021. Meski saat ini masih dalam pembahasan bersama DPRD.

“Kami berani pastikan pada tahun depan, Pilhut akan kita laksanakan. Nah ini karena anggarannya sudah dimasukkan pada APBD 2021. Jumlah anggaran belum dapat disebutkan, namun sudah bisa membiayai penyelenggaraan Pilhut di desa-desa yang kini dipimpin oleh Plt (Pelaksana tugas, red),” sebut Kadis Pemerintahan  Masyarakat Desa (PMD) Hendry Lumapow.

Pada Pilhut tahun depan memang diperlukan anggaran yang besar. Ini dikarenakan masih pada masa Pendemi Covid-19. Sehingga penyelenggarannya harus menerapkan protokol kesehatan seperti Pilkada yang baru lewat. Sedangkan menyangkut waktu pelaksanaan, masih akan diatur lebih lanjut.

“Kita berdoa tahun depan Pendemi sudah berakhir. Namun bila masih ada maka protokol kesehatan wajib dijalankan pada pelaksanaan Pilhut. Maka dari itu anggarannya akan menyesuaikan. Tapi intinya disini penundaan Pilhut serentak kurang lebih empat tahun ini sudah selesai tahun depan,” ujar Lumapow.

Lanjut dia juga menghimbau pada Kumtua baik definitif maupun Plt saat mendekati akhir tahun dapat segera menyelesaikan program-program. Baik yang anggaran bersumber dari Dandes maupun lainnya. Begitu pula dengan administrasi segera dituntaskan.

“Secepatnya selesaikan apa yang belum selesai. Apalagi efektif tahun ini hari kerja tinggal tujuh sampai 12 hari. Paling penting kita dapat sama-sama membangun situasi yang kondusif di tengah masyarakat. Adapun polemik 27 Kumtua juga akan kita tuntaskan,” kuncinya.(nov)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed