oleh

Hasil Pilkada Tanpa Gugatan, FDW-PYR Mulus Pimpin Minsel

Amurang – Hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (17/12) pekan lalu menetapkan pasangan Franky Donny Wongkar-Petra Yani Rembang (FDW-PYR) sebagai peraih suara terbanyak di Pemilihan kepala daerah (Pilkada).


Pasangan calon (Paslon) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai persatuan Indonesia (Perindo) mampu meraih 74.875 suara.Dengan hasil yang diraih, FDW-PYR akan menjadi pemimpin Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). 
Kepastian juga didapat setelah tidak ada gugatan dari paslon lain terhadap hasil pleno penghitungan suara. Ketiadaan gugatan kemungkinan selisih yang cukup jauh dengan yang lain. Sedangkan sesuai syarat, maksimal selisih 2 persen.
“Kita sudah menyelesaikan pleno penghitungan suara Pilkada pada Kamis pekan lalu. Pada pleno menetapkan pasangan FDW-PYR sebagai peraih suara terbanyak. Saya dapat pastikan hasilnya tidak ada perubahan, karena sampai batas waktu yakni tiga hari, tidak ada gugatan dimasukkan. Sehingga pengumuman pemenang sudah dapat dilaksanakan sesuai jadwal yakni satu minggu setelah pleno hasil,” ucap Komisioner KPU Minsel Maya Sarijowan.
Ketika ditanyakan penetapan pemenang Pilkada, menurut Sarijowan sesuai ketentuan satu minggu setelah pleno suara. Bila dihitung dari 17 Desember, berarti nanti 24 Desember atau sehari sebelum Natal. Hal ini dikarenakan sudah tidak ada gugatan.
“Penetapan pemenang karena tidak adanya gugatan berarti dilaksanakan seminggu setelah pleno penghitungan suara. Kami harapkan semua pihak dapat menjaga suasana tetap kondusif. Apalagi kita sebentar lagi menghadapi Natal. Selain itu juga menghimbau masyarakat dapat tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid,” kuncinya.(nov)

Perolehan Suara Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minsel:

1. MEP-VT 50.269 (35,69%)
2. ROSO-HARUM 15.707 (11,15%)
3. FDW-PYR 74.875 (53,16%)

– Suara sah 140.851
– Tidak sah 2.423

Perolehan Suara Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut di Kabupaten Minsel:

1. CEP-SEHAN 53.026 (37,61%)
2. VAP-HR 6.749 (4,79%)

3. OD-SK 81.197 (57,60%)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed