oleh

Tunjang Dunia Pendidikan, DAW Kerjasama dengan SMKN 1 Pusomaen

Manado-Terkait revitalisasi SMK dan penguatan pendidikan vokasi, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan PT Astra Honda Motor (AHM) kembali memperluas program pendidikan vokasi industri, untuk membangun Link and Match antara SMK dengan Industri di wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, & Maluku Utara

Pengembangan ini diwujudkan dengan penambahan SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda binaan Main Dealer PT. Daya Adicipta Wisesa di wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara yaitu SMK Negeri 1 Pusomaen. Saat ini, sudah ada 4 SMK TBSM di area PT. Daya Adicipta Wisesa.

Penandatangan kerja sama antara AHM dan SMK Negeri 1 Pusomaen, Minahasa Tenggara yang berlangsung pada Kamis (17/12) lalu disaksikan langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara, Debby Mamangkey S.Pd, M.A.P; Kepala Cabang Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara & Minahasa Selatan, Max Lengkong; Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pusomaen, Anna M. R. Powa, S.Pd.

Main dealer PT. Daya Adicipta Wisesa akan menjadi pendamping utama pengimplementasian kurikulum di wilayah ini.

Haditya Senoadjie selaku Technical Service Dept. Head DAW mengatatakan, sebagai sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum TBSM Astra Honda, SMK Negeri 1 Pusomaen mendapat donasi berupa sepeda motor Honda, special tools praktik bengkel, dan modul penunjang pembelajaran untuk pengembangan pendidikan vokasi di wilayah Minahasa Tenggara.

Selain itu, AHM juga memberikan bantuan pengembangan vokasi industri, antara lain penyelarasan kurikulum, penyediaan tempat praktik kerja industri (PRAKERIN) siswa, pelatihan dan sertifikasi guru produktif dan pengukuran kualitas SMK melalui supervisi dan kontestasi keterampilan teknik siswa. 

“Kami  berharap dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas dari anak-anak didik selaku putra daerah sehingga mampu bersaing dan menjadi prioritas penyerapan tenaga kerja di dunia kerja terlebih khusus di jaringan bengkel astra Honda, serta ke depannya jumlah SMK yang menjalin kerjasama pun dapat bertambah,” kata Haditya.(jm)

Berita terkini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed