oleh

Libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM, LPG dan Avtur

Makassar-Momen Natal dan Tahun Baru menjadi spesial bagi masyarakat di Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Tak ayal apabila arus hilir mudik orang dan barang menjadi krusial di masa tersebut. Walaupun di masa pandemi pergerakan tersebut tak seperti biasanya, namun Pertamina tetap mengupayakan skenario terbaik dalam memastikan ketersediaan energi terutama BBM, LPG dan Avtur dapat tercukupi untuk memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Pertamina Regional Sulawesi telah melakukan proyeksi konsumsi energi, antisipasi potensi cuaca dan bencana, menyediakan layanan terbaik, serta berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam upaya memastikan ketersediaan BBM, LPG dan Avtur. Hal tersebut disampaikan dalam Press Conference Kesiapan Pertamina Regional Sulawesi Jelang Libur Natal dan Tahun Baru yang digelar secara virtual pada Selasa (22/12).

Executive GM Pertamina Regional Sulawesi, Rama Suhut dalam paparannya meyampaikan bahwa Pertamina secara korporasi telah membentuk Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) sejak tanggal 7 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021 untuk memastikan ketersediaan energi untuk masyarakat di seluruh Lembaga Penyalur Pertamina (SPBU, Agen LPG, Pangkalan dan lembaga penyalur lainnya) dari Sabang sampai Merauke untuk menghadapi momen Libur Pilkada, Natal dan Tahun Baru 2021.

“Kami telah melakukan proyeksi untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dan LPG, atas dasar proyeksi itu kita menambah buffering stok BBM selama masa Satgas tersebut sebesar 5 persen. Sedangkan untuk LPG kita menambah pasokan lebih dari 2 juta tabung LPG 3kg se Sulawesi atau sekitar 4 persen lebih banyak pada tanggal 9, 24-25 dan 31 Desember 2020,” ujar Rama mengawali Press Conference.

Selain itu, konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat udara pada periode Satgas diperkirakan naik sebesar 9,4 persen dibandingkan konsumsi normal harian bulan November 2020. Dimana potensi tingginya arus mudik menggunakan moda transportasi udara diprediksi akan tinggi ditengah masa libur Natal dan Tahun Baru.

Rama menambahkan titik-titik konsentrasi masyarakat selama libur natal dan tahun baru seperti tempat wisata dan tujuan perayaan natal dan tahun baru di Sulawesi juga telah dikoordinasikan dengan Pemerintah dan POLRI untuk diantisipasi. Untuk itu, selain menyiagakan seluruh SPBU yang berada di jalur utama mudik dan wisata, Pertamina pun memperkuat pelayanan penyaluran BBM selama masa libur Natal dan Tahun Baru dengan menyiagakan 1 unit Mobile Dispenser di Makassar, 7 titik SPBU Kantong di Toraja dan menyiagakan Pertamina Delivery Service (PDS) sebanyak 22 titik yang tersebar di Sulawesi yang dapat diakses melalui Call Center 135.

“Potensi cuaca buruk serta bencana longsor dan banjir juga telah kami antisipasi. Skenario supply alternatif dan emergency baik via darat dan laut telah kami siagakan untuk dilakukan. Kami melakukan yang terbaik yang dapat kami lakukan. Sehingga masyarakat bisa nyaman dan tenang dalam momen natal dan tahun baru ini,” imbuhnya.

Sebelum masyarakat mudik dan berlibur, Pertamina menghimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan kesiapan kendaraan salah satunya dengan mengisi bahan bakar kendaraan dalam keadaan penuh dan mengganti pelumas kendaraan. Tersedia layanan Enduro Express yang dapat dimanfaatkan di SPBU terdekat.

“Seluruh Operator SPBU kami telah menerapkan protokol kesehatan dan kami himbau masyarakat di era Pandemi ini untuk menggunakan aplikasi My Pertamina dalam bertransaksi di SPBU untuk meminimalisir kontak melalui uang tunai. Selain itu banyak kemudahan dan promo yang bisa dinikmati melalui aplikasi tersebut,” pungkas Rama

Sampai dengan 31 Desember 2020, masyarakat yang membeli Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite menggunakan aplikasi MyPertamina akan mendapatkan promo harga BBM lebih hemat Rp 250,- per liter serta terdapat berbagai macam promo bright gas seperti gratis tukar tabung dan diskon isi ulang apabila memesan melalui Pertamina Call Center 135.(jm)

Berita terkini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *