oleh

Survei LSI FDW-PYR Ungguli Kompetitor, Warga Minsel Sambut Perubahan

Amurang – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tinggal menyisakan empat hari lagi. Pasangan calon (Paslon) Franky Donny Wongkar-Petra Yani Rembang (FDW-PYR) yang diusung oleh PDIP dan Perindo elektabilitasnya terus meroket terhadap kedua pesaingnya.Paslon yang memakai jargon ‘Untuk Perubahan Menuju Minsel Maju’ ini sangat berpotensi menang dan unggul dari kedua Paslon pesaing mereka.

Makin menguatnya FDW-PYR itu terungkap dalam release hasil survei dari berbagai lembaga survei terpercaya seperti LSI dan lembaga survei lainnya.Dari  hasil survei terakhir didapatkan pada pertanyaan terbuka belum lama ini, elektabilitas FDW-PYR yang juga didukung oleh PSI, Gerindra, dan PKB di atas calon lainnya.

Dengan menggunakan metode uji simulasi pada pertanyaan tertutup dengan menyebutkan tiga nama paslon bupati dan wakil bupati, masih menempatkan FDW-PYR unggul dengan elektabilitas 9 persen dari urutan kedua yang ditempati oleh MEP-VT. Dengan waktu yang tersisa, sulit bagi kompetitornya untuk menandingi.

Lebih lanjut, lembaga yang tergabung dalam Perhimpunan Survei independen ini mengatakan, kuatnya tarikan elektoral FDW-PYR salah satu disebabkan tingkat popularitas dan kesukaan (akseptabilitas) dari Paslon ini lebih baik dari Paslon lain.Di samping itu, masyarakat Minsel menjatuhkan pilihannya kepada FDW-PYR dengan alasan bahwa Paslon FDW-PYR diyakini bisa membawa perubahan yang lebih baik ke depan di Kabupaten Minsel, serta kesamaan partai yang dipilih masyarakat dengan Paslon yang diusung.

“Keunggulan FDW-PYR dari segi popularitas dan akseptabilitas di masyarakat sangat positif. Artinya, secara statistik ada keunggulan tingkat kesukaan di masyarakat yang lebih baik. Ini modal besar untuk meraih elektabilitas yang tinggi. Tak hanya itu, pergerakan Kader partai, Tim Pemenangan, Relawan, komunitas, dan pendukung Paslon FDW-PYR sangat luar biasa,” kata salah satu juru bicara Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Networking Ikrama M kepada sejumlah media belum lama ini.

Menurut dia, dengan jarak elektabilitas yang dapat dikatagorikan secara statistik unggul signifikan tersebut, maka paslon FDW-PYR berpotensi besar keluar sebagai pemenang pada pesta demokrasi yang akan dilangsungkan 9 Desember 2020.Survei yang dilakukan dengan melibatkan 12.300 responden yang tersebar di 177 Desa dan Kelurahan yang ada di 17 Kecamatan yang ada di Minsel dengan marjin of error +/-3, 5 persen dengan selang kepercayaan 95 persen.

Metode penelitian dengan menggunakan multistage random sampling dan peneliti lapangan semuanya berstatus mahasiswa yang independenApalagi berdasarkan survei banyak masyarakat tidak puas dan kecewa dengan kinerja pemerintah sekarang di bawah pimpinan Christiany Euginia Paruntu yang tidak lain kakak dari Cabup Minsel MEP. Angkanya terbilang cukup besar sampai 35 persen. Bahkan saat ditanya siapakah yang akan dipilih saat hari H pencoblosan?, para responden jelas menyebutkan nama FDW-PYR.

Sementara untuk swing voters atau suara mengambang hanya 6,4 persen. Alasan masyarakat memilih FDW-PYR karena berkeinginan memiliki perubahan lebih baik. Meskipun dalam suasana covid ini dipastikan antusias pemilih lebih tinggi dalam pilkada ini. Ya bisa kita lihat dari tingginya angka survei ini ibaratnya Paslon Nomor 3 yakni FDW-PYR ini siap dilantik saja,” tutupnya.(nov)