oleh

BRI Kanwil Manado Salurkan Dana PEN Rp1 Triliun di Sulut

Manado-Untuk memulihkan perekonomian Indonesia yang terpuruk akibat pandemi Covid-19, Pemerintah Pusat melakukan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Salah satunya adalah dengan memberikan suntikan dana kepada bank BUMN untuk disalurkan kepada masyarakat. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) sebagai salah satu bank BUMN, mendapat alokasi dana secara nasional sebesar Rp10 triliun. Dan untuk Sulawesi Utara, BRI kanwil Manado berhasil menyalurkan dana PEN sebesar Rp1 triliun.

“Secara keseluruhan untuk Kanwil Manado, dana PEN yang berhasil kami salurkan sebesar sebesar 3,4 trililun rupiah. Dana yang disalurkan tersebut untuk empat provinsi yang berada di Kanwil Manado, yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara. Khusus untuk Sulawesi Utara sebesar 1 triliun rupiah,” kata Pimpinan Wilayah BRI Manado, Rudy Andimono kepada wartawan, Rabu (06/01/20).

BRI Kanwil Manado juga gencar memasarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Di mana hingga Desember 2020, KUR yang sudah disalurkan untuk provinsi Sulawesi Utara sebesar Rp555 miliar, dan untuk Kanwil Rp3,3 triliun. KUR sendiri menurut Andimono terbagi dalam beberapa kategori, yakni KUR Kecil dengan pinjaman maksimal Rp500 juta, KUR Mikro maksimal Rp50 juta hingga KUR Supermikro Rp10 juta. “Dalam memasarkan KUR ini, kami memanfaatkan tenaga marketing yang tersebar di seluruh kantor BRI,” katanya.

Andimono mengatakan, BRI mendapat mandat dari pemerintah untuk menyalurkan PEN. Untuk itu, pihaknya menyalurkan dan PEN dengan baik. “Saya juga menyampaikan kepada seluruh jajaran kalau saat ini merupakan momen kita untuk membantu masyarakat. Jadi kita tidak hanya bekerja untuk mendapatkan profit, tetapi juga untuk membantu masyarakat,” ujar Andimono yang didampingi Wakil Pimpinan Wilayah (Wapinwil) Bisnis, Redi Hartono, Wapinwil Ops, Dhanardono dan Regional Relatinship Manager (RRM), Cahyo Widyatmoko.

Ia menambahkan, secara overall, kinerja BRI Kanwil Manado tumbuh dengan bagus. Selama tahun 2020, BRI Kanwil Manado mendukung penyaluran bantuan modal usaha kepada masyarakat lewat KUR dan PEN serta melakukan restrukturisasi. Selain itu, BRI juga memiliki program sendiri untuk membantu masyarakat seperti memberikan suku bunga yang rendah.(jm)

Berita terkini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed