oleh

Restrukturisasi BRI Sukses, 80 Persen UMKM Bisa Bayar Angsuran Lagi

Manado-PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah Manado berhasil melakukan restrukturisasi kepada debitur yang terdampak. Hasilnya, 80 persen debitur, terbanyak merupakan UMKM, yang diberikan restrukturisasi bisa kembali membayar angsuran kredit karena usahanya kembali berjalan.

Pimpinan Wilayah BRI Manado, Rudy Andimono yang didampingi Wakil Pimpinan Wilayah (Wapinwil) Bisnis, Redi Hartono, Wapinwil Ops, Dhanardono dan Regional Relatinship (RRM), Cahyo Widyatmoko kepada wartawan Rabu (06/01) kemarin menyampaikan, debitur BRI yang terbanyak merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk itu, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan UMKM di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu.

“Restrukturisasi berjalan sukses. Sukses rate cukup besar. 80 persen debitur dapat membayar kembali, karena usaha berjalan,” katanya Andimono.

Pimpinan Wilayah BRI Manado, Rudi Andimono (kedua kanan) bersama wakil pimpinan wilayah dan RRM saat menyampaikan kinerja BRI Kanwil Manado, Rabu (06/01/21).

Ia mengatakan, aktivitas yang dilakukan BRI berubah akibat pandemi Covid-19. Pada awal tahun 2020, fokus utama BRI adalah ekspansi kredit. Di mana saat itu perbandingannya adalah 70-30, yakni 70 persen ekpansi pinjaman dan 30 persen kegiatan usaha lainnya.

“Namun setelah pandemi Covid-19, aktivitas kita rubah. Ekpansi kredit menjadi 30 persen dan 70 persen untuk kegiatan lainnya. Terutama yang kami lakukan sejak bulan Maret 2020 adalah melakukan restrukturisasi kepada debitur kita yang terbanyak merupakan UMKM,” papar Andimono.

Total debitur yang direstrukturisasi kreditnya oleh BRI Kanwil Manado untuk Provinsi Sulawesi Utara sebanyak 39 ribu. Sementara total kredit yang direstrukturisasi di Sulut sebesar Rp2,8 triliun, dan untuk seluruh Kanwil Manado yang mencakup empat provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara mencapai Rp6,4 triliun.

“Nilai tersebut mencapai 60 persen dari total outstanding kita. Jadi kita memang benar-benar all out dalam melakukan restrukturisasi untuk menyelamatkan UMKM. Sebab jika UMKM hidup, ekonomi secara umum juga akan membaik. Restrukturisasi yang kita diberikan antara lain, menurunkan suku bunga serta bebas membayar bunga,” jelas Andimono yang menjabat Pimpinan Wilayah BRI Manado sejak Februari 2020 ini.(jm)

Berita terkini:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed