oleh

Terus Berbenah, DAS Ranowangko Bakal Dirubah Jadi WFC

Barometer.co.id-Amurang. Setelah berhasil memperjuangkan pembangunan jalan protokol dua jalur Amurang, Franky Donny Wongkar (FDW) sebagai Bupati Minahasa Selatan (Minsel) terpilih kembali akan membuat gebrakan. Sungai Ranowangko yang membelah Kota Amurang akan direvitalisasi. 
Rancangan revitalisasi sudah mendapat persetujuan dari Dinas PU Provinsi Sulut dan Balai Sungai. Rencananya revitalisasi berupa pengerukan endapan dan mengembalikan lebar sungai akan diusahakan sudah terlaksana tahun ini.
Pasca revitalisasi, Daerah Aliran Sungai (DAS) juga akan dilakukan penataan. Sepanjang DAS akan dibangun jalan sehingga menunjang perubahan menjadi kawasan Water Front City (WFC). Fungsinya selain menjadikan sungai Ranowangko bersih, juga menjadi destinasi wisata baru.
“Pada pertemuan pak FDW di Dinas PU dan Balai jalan, menghasilkan sejumlah proyek yang akan masuk Minsel. Satu diantaranya berupa revitalisasi sungai Ranoyapo. Revitalisasi dilakukan guna menuju membangun WFC. Sungai nantinya berada di depan rumah warga, bukan lagi di belakang. Tentunya dengan berada di depan akan ditata menjadi lebih baik dan akhirnya dijadikan destinasi wisata baru,” beber Staf Ahli Bupati Decky Tuwo yang turut mendampingi FDW.
Kepada masyarakat diminta dapat turut menunjang program-program pemerintah. Kemungkinan akan ada area yang harus dibebaskan. “Kalau ada lahan warga, tentunya dengan dokumen sah, pemerintah melakukan penggantian. Inilah yang kami maksud ikut berpartisipasi. Sebab bila proyek ini selesai diantaranya taman Megawati, jalan protokol dua jalur dan WFC terlaksana dapat memberi efek ekonomi bagi masyarakat. Tujuannya memang seperti itu,” pungkasnya.(nov)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed