oleh

Puluhan SD di Kota Manado Terdampak Banjir

Barometer.co.id – Manado. Akibat banjir yang terjadi pekan lalu di Manado, puluhan Sekolah Dasar (SD) dikabarkan sempat tergenang air hingga longsor. Banjir dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang melanda Kota Manado sejak Kamis (14/01).
Dalam penjelasannya, Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Manado Triana Almas SSTP MSi mewakili kadis menginformasikan bahwa sejumlah SD yang terdampak banjir di Kota Manado diantaranya SDN 72 Manado, SDN 85 Manado, SDN 98 Manado, SDN 47 Manado, SDN 01 Manado, SDN 13 Manado, SDN 96 Manado, SDN Winangun dan SD AlKhirat O1 Manado.
“Satu sekolah lagi yakni SDN 118 Manado selain terdampak banjir, fondasi bangunan sekolah juga sempat longsor,” ungkap kabid, Senin (18/01).
Dari pantauan di SDN 72 Manado di Kelurahan Mahawu pascabanjir yang terjadi di Kota Manado, pekan lalu, dikabarkan cukup memprihatinkan. Hujan yang turun selama dua hari mengakibatkan tiga ruang kelas yang dibangun sejak tahun 1979 tergenang air.
Sejumlah perlengkapan mebeleur termasuk meja kursi di kelas bahkan rusak akibat terendam air.
Menurut Kepala SDN 72 Manado Debbie Jacob SPd, lokasi sekolah memang berada di daerah rawan banjir. Di belakang sekolah terdapat anak sungai yang cukup besar dan bila banjir datang airnya meluap ke mana-mana.
“Memang sudah ada tanggul di belakang sekolah tapi karena banjir kali ini cukup besar, belum mampu menahan luapan air untuk masuk ke halaman sekolah,” tukas kepsek, Minggu (17/01).
Adapun sejumlah perlengkapan mebeleur di tiga kelas tersebut banyak yang rusak. Sedangkan untuk ruang-ruang kelas lain yang sudah diperbaiki dan telah ditinggikan dalam kondisi aman, ketinggian air hanya mendekati 50 sentimeter dari lantai kelas.
“Mudah-mudahan hujan tak lagi turun. Jadi pada Senin nanti sekolah sudah bisa kami bersihkan,” tandasnya.
Dalam kesempatan terpisah Ketua Komite Sekolah Drs Masoara berharap perhatian pemerintah untuk mendukung pelayanan pendidikan di SDN 72 Manado.
“Kami berharap Pemkot Manado segera memperbaiki tiga ruang kelas yang terendam air. Ruang kelas tersebut harus ditinggikan, jadi kalau banjir datang air tak sampai menggenangi ruang kelas tersebut,” tandasnya.(eau)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed