oleh

Menggeliat, Ekspor Bunga Sulut Tembus 5 Negara

Barometer.co.id-Manado. Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Manado mencatat di tahun 2020, Sulawesi Utara (Sulut) memiliki komoditas ekspor baru yaitu tanaman hias. Dimulai sejak bulan September 2020, ekspor tanaman hias yang didominasi jenis Alocasia dan Anthurium asal Sulut telah menembus lima Negara.

“Selama empat bulan terakhir tercatat total ada 540 batang tanaman hias yang diekspor ke Amerika Serikat, Hongkong, Thailand, Vietnam dan Singapura dengan total nilai ekonomi mencapai Rp185,2 juta,” ujar Donni Muksydayan, Kepala Karantina Manado melalui keterangan tertulis (21/01).

Di tengah sulitnya kondisi ekonomi di masa pandemi Covid 19 ini Donni menambahkan bahwa ekspor bunga dan tanaman hias ini menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat Sulut dalam mendulang rupiah.

“Melalui pemeriksaan karantina in-line inspection, kami membantu para petani Sulut dalam memberikan jaminan  tanaman hias yang diekspor dalam kondisi sehat dan telah memenuhi persyaratan negara tujuan ekspor,” ungkapnya.

Memasuki tahun 2021 belum genap satu bulan, Karantina Pertanian Manado telah memfasilitasi 8 kali sertifikasi ekspor tanaman hias tujuan yaitu Amerika Serikat dan Thailand.

“Totalnya 157 batang tanaman hias dengan jenis bunga Alocasia, Pilodenron, Florida ghost mint dan melano dengan total nilainya mencapai  Rp60 juta,” tambah Donni.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *