oleh

Vaksin Efektif Tekan Penularan Covid-19 Lebih 90 Persen d Israel

Barometer.co.id-Yerusalem. Keputusan pemerintah Indonesia menekan penyebaran Covid-19 dengan menggunakan vaksin secara massal sudah tepat. Ini terbukti di Israel yang telah menggunakan vaksin Pfizer-BioNTech, telah efektif menekan penyebarannya hingga lebih 90 persen.
Seperti laporan yang dimuat oleh CNN, meskipun masih tahap awal, terbukti vaksin Pfizer tetap efektif dan ampuh dalam program vaksinasi massal yang nyata, bukan hanya uji klinis.
Lembaga riset Clalit Research Institute di Israel menganalisis data 1,2 juta orang, separuh di antaranya mendapatkan vaksin Pfizer-BioNTech.
“Para peneliti membandingkan pasien yang mendapat vaksin dengan mereka yang tidak dan hasilnya dirilis akhir pekan kemarin,” ungkap lembaga itu.
Angka penularan Covid-19 dengan gejala — artinya orang yang tertular virus corona lalu jatuh sakit — turun 94 persen di kelompok yang sudah mendapat dua dosis suntikan. Sementara itu, tingkat penyakit Covid-19 yang parah juga anjlok 92 persen.
Hasil riil di dunia nyata ini konsisten dengan hasil uji klinis Pfizer, yang mendapati 95 persen proteksi terhadap Covid-19 dengan gejala.
Dalam uji klinis Pfizer, para peneliti secara acak memilih pasien penerima vaksin dan mereka yang disuntik placebo atau vaksin bohongan. Lalu dilihat dari dua kelompok tersebut berapa banyak yang jatuh sakit karena Covid-19. Lalu terlihat kelompok yang divaksin mengalami penurunan kasus drastis.
Penelitian Pfizer dikendalikan sesuai aturan uji klinis. “Sementara penelitian di Israel merupakan observasi terhadap vaksinasi riil dan tidak ada pemilihan acak terhadap siapa yang divaksin dan siapa yang tidak,” lanjut lembaga itu.
Studi observasi ini sangat penting karena bisa memberi petunjuk yang lebih pasti tentang daya tangkal vaksin terhadap virus dan bagaimana kemampuannya membentuk daya tahan penerima vaksin dalam kondisi riil.(nov)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed