oleh

PPnBM 0 Persen, Harga Nissan Livina Bisa Turun Hingga Rp16 Juta

Barometer.co.id-Manado. Harga mobil di bawah 1.500 cc akan turun seiring dengan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen yang ditetapkan pemerintah mulai berlaku 1 Maret 2021. Salah satu mobil yang mendapat insentif ini adalah Nissan Livina yang harganya diperkirakan akan berkurang antara Rp13 juta hingga Rp16 juta.

“Kebijakan PPnBM 0 persen ini sangat baik. Dan berdasarkan perhitungan sementara, harga Nissan Livina di Manado akan berkisar antara 13 juta hingga 16 juta rupiah. Namun kepastian berapa harganya masih menunggu aturan yang jelas dan melihat kompetitor juga,” kata Kepala Cabang Nissan Martadinata Manado, Benny Chong.

Menurutnya, insentif PPnBM 0 persen ini akan menstimulus penjualan mobil yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. “Saat ini penjualan memang sudah mulai bagus dibandingkan dengan awal pandemi. Dan dengan adanya insentif ini, penjualan mobil diperkirakan akan meningkat sekitar 20 persen. Walaupun demikian, penjualannya belum akan menyamai capain sebelum pandemi,” katanya.

Penerapan PPnBM 0 persen ini sendiri menurut Benny tidak segampang yang dibayangkan. Sebab hal ini terkait dengan produksi mobil yang sudah dilakukan sebelum adanya insentif ini. Mobil tersebut saat diproduksi sudah dikenakan PPnBM. Sehingga saat dijual, tentu harganya ada PPnBM. Sementara jika menunggu produksi yang baru, berarti harus menunggu beberapa bulan lagi.

Namun yang pasti ia mengatakan, kebijakan ini sangat baik dan akan meningkatkan penjualan mobil.

Seperti diketahui, insentif PPnBM 0 persen ini khusus untuk mobil di bawah 1.500 cc. Dan untuk Nissan, hanya Livina yang mendapat insentif PPnBM 0 persen ini.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed