oleh

Richard Sualang Fokus Liga Antar Klub & Pembinaan Atlet Usia Sekolah

Barometer.co.id-Manado. Usai terpilih untuk ketiga kalinya dalam Musyawarah Kota (Muskot) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Manado di Graha Pena, Manado, Sabtu lalu, Richard Sualang langsung menggaungkan program yang mengarah pada pembinaan atlet jangka pendek hingga jangka panjang.
Salah satu program yang sudah sempat berjalan sebelum terhenti akibat Pandemi Covid-19, yakni Kompetisi dalam bentuk Liga Antar Klub, ke depan, ada program khusus yang akan diusung Sualang yakni Pembinaan Antar Kelompok Usia Sekolah. Khusus untuk program Liga atau Sirkuit, sasaran yang ingin dicapai Pengkot Perbasi Manado untuk masa bakti 2021-2025 adalah medali emas Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Tahun 2021.
Selain itu, konsolidasi internal serta program lanjutan yang sudah dijalankan pada periode lalu juga akan menjadi fokus Walikota Manado. “Saya ingin kembali menggalakkan liga antarklub, apakah secara full liga ataupun sirkuit. Selain pembinaan antar kelompok usia sekolah. Juga kami berharap pada Porprov Sulut di Bolmong nanti, cabor Bola Basket dapat dipertandingkan,” kata Sualang saat menyampaikan sambutan usai terpilih sebagai nakoda cabang olahraga bola basket Manado periode 2021-2025.
Pada Muskot Perbasi Manado yang dihadiri 12 klub, mayoritas klub yang memiliki hak suara pada kegiatan Muskot yakni 10 klub secara aklamasi memilih figur yang telah eksis selama kurun waktu delapan tahun dalam pembinaan olahraga bola basket di Ibu Kota Provinsi Sulut. Terpilihnya Sualang memang sudah diprediksi sebelumnya. Sebab, selama memimpin Perbasi Manado dalam dua periode sebelumnya, ia sukses menata organisasi dan mampu menerapkan program pembinaan serta kompetisi yang teratur.
Pada bagian lain, Ketua Umum KONI Manado Hengky Kawalo menaruh harapan besar kepada pengurus yang baru dalam proses pembinaan olahraga Bola Basket Manado, yang dinilainya yang sudah baik dan tinggal dipertahankan. “Apalagi Ketua Perbasi Manado sudah terpilih menjadi Wakil Walikota Manado, tentu prestasi akan semakin baik,” ujar Kawalo, yang juga adalah legislator Kota Manado.
Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Perbasi Sulut, Adriana Dondokambey,yang diwakili Ketua Harian, Clay Dondokambey mengatakan, cabang olahraga Bola Basket sangat potensial di Sulut. Apalagi Tim Bola Basket Sulut akan ikut berlaga di PON XX 2021 di Papua. Karena itu ia berharap jika pembinaan berkelanjutan di Kota Manado bisa terus digalakkan lewat kompetisi yang teratur.
Clay juga menaruh harapan kepada Pengkot Perbasi dan KONI serta Pemerintah Kota Manado untuk menjalin sinergitas dalam upaya untuk meningkatkan prestasi olahraga bola basket. “Saya harapkan sinergitas yang terjalin baik selama ini, dengan KONI Manado sebagai induk cabang olahraga maupun dengan Dispora Manado akan berjalan lebih baik lagi,” sebut Clay, yang juga adalah Karo Umum Pemprov Sulut.
Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Kota Manado Tonny Mamahit pada kesempatan menyampaikan sambutan juga menyatakan siap mendukung program yang diusung okeh Perbasi Manado. Apalagi tahun 2021, Kontingen Olahraga Manado akan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Bolaang Mongondow.(hja)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed