oleh

PLN Journalist Award 2020 Sukses Terselenggara, Ini Pemenangnya

Barometer.co.id-Jakarta. PLN Journalist Award (PJA) 2020 telah sukses terselenggara. Melalui proses seleksi yang ketat terhadap 1.000 karya para awak media, PJA 2020 menetapkan 27 pemenang dari 9 (Sembilan) kategori yang dilombakan.

Diselenggarakan secara virtual, kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN, Syofvi Felienty Roekman, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril serta Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko PLN, Sinthya Roesly.

Zulkifli Zaini menyampaikan terima kasih kepada rekan jurnalis yang telah bersama-sama PLN menerangi peradaban. “Berkat kerja-keras insan pers, masyarakat mengetahui apa yang kami lakukan. Berkat kerja-keras teman-teman, pengembangan di sektor ketenagalistrikan bisa terus berjalan,” tutur Zulkifli Zaini.

Dirinya menambahkan bahwa saran dan kritik membangun yang disampaikan oleh awak media membuat PLN semakin semangat dalam mewujudkan energi yang berkeadilan. “Transformasi dan pengembangan kelistrikan tentu tidak bisa berjalan baik tanpa dukungan rekan-rekan media. Oleh karena itu, saya berharap kita dapat terus berjalan beriringan, memberikan inspirasi dan masukan konstruktif agar bisa menghadirkan terang bagi seluruh masyarakat Indonesia,” terang Zulkifli Zaini.

Merupakan salah satu bentuk apresiasi bagi awak media, rangkaian acara PJA 2020 telah dilaksanakan sejak Desember 2020. Terdapat 9 kategori karya jurnalistik yang dilombakan, yakni hardnews media cetak, feature media cetak, hardnews media online, feature media online, hardnews televisi, feature televisi, foto esai, foto tunggal, dan publikasi CSR. Karya tersebut merupakan karya yang telah ditayangkan pada media massa pada rentang waktu dari 1 Januari 2020 hingga 28 Februari 2021.

Untuk kategori hardnews media cetak; juara 1 dimenangkan oleh Suwarny Dammar dari Koran Sindo Makassar, juara 2 dimenangkan oleh Palce Amalo dari Media Indonesia dan Juara 3 dimenangkan oleh Nanang Wijayanto MNC Koran Sindo. Sementara untuk kategori feature media cetak; juara 1 dimenangkan oleh Fransiskus Pati Herin dari Harian Kompas, juara 2 dimenangkan oleh Gusnaldi Saman dari Harian Singgalang dan juara 3 dimenangkan ole Effran Kurniawan dari Lampung Post.

Dalam kategori hard news media online; juara 1 dimenangkan oleh Anton Chrisbiyanto dari sindonews.com, juara 2 dimenangkan oleh Filemon Agung dari kontan.co.id dan juara 3 dimenangkan oleh Fabio Maria Lopes Costa dari Kompas.id. Dalam kategori feature media online; juara 1 dimenangkan oleh Abdullah Sani dari Merdeka.com, juara 2 dimenangkan oleh Agus Raharjo dari Republika.co.id dan juara 3 dimenangkan oleh Rifki Setiawan Lubis dari Batampos.id.

Untuk kategori publikasi CSR; juara 1 dimenangkan oleh Ratna Irtatik dari Batampos.id, juara 2 dimenangkan oleh Awaluddin Jalil dari Liputan6.com dan juara 3 dimenangkan oleh Muh Takdir dari Harian Fajar. Untuk kategori hard news TV; juara 1 dimenangkan oleh Fabianus Benge dari INews TV, juara 2 dimenangkan oleh Saharudin dari Antara TV dan juara 3 dimenangkan oleh Jadmiko Agung Wicaksono dari TVRI Kalimantan Tengah. Dalam kategori feature TV; juara 1 dimenangkan oleh Asdar Zuula dari INews TV, juara 2 dimenangkan oleh Agus Fathurrohman dari Metro TV dan juara 3 dimenangkan oleh Gilang Wiradinata dari Radar Lampung TV.

Untuk kategori foto tunggal; juara 1 dimenangkan oleh Arfah Aksa dari mediawarta.com, juara 2 dimenangkan oleh  Galih Pradipta dari Antara Foto dan juara 3 dimenangkan oleh Sigid Kurniawan dari Antara Foto. Untuk kategori esai; juara 1 dimenangkan oleh Maman Sukirman dari sindonews.com, juara 2 dimenangkan oleh Dhana Kencana dari IDN Times dan juara 3 dimenangkan oleh Mushaful Imam dari fornews.co.

Adapun berikut dewan juri yang turut berpartisipasi dalam PJA 2020, yaitu Metta Dharmasaputra (Direktur Katadata), Iskandar Zulkarnaen (Co-Founder Kompasiana), Komaidi Notonegoro (Pengamat Energi), Oscar Motuloh (Ex-Kepala Pemberitaan Foto Antara & Kurator GFJA), Beawiharta (Ex-Pewarta Foto Reuters) dan Z. Rachmat Sugito (Pemred Narasi TV).

Selain 9 kategori yang dilombakan, PJA 2020 juga memberikan penghargaan kepada jurnalis peduli kelistrikan yang sepanjang Tahun 2020 telah aktif memberikan informasi tentang upaya PLN melistriki Indonesia, yakni; Ade Firmansyah dari IDX Channel MNC TV, Totok Wijayanto dari Harian Kompas, Ridwan Nanda dari Harian Kontan dan Intan Pratiwi dari Republika.co.id.

Sebagai gelaran perdana, PJA 2020 terbilang sukses menuai antusiasme para awak media di seluruh tanah air. Demi memotivasi para awak media untuk dapat terus memberikan informasi yang berimbang dan berkualitas tentang sektor ketenagalistrikan, PLN mengupayakan gelaran ini terus bergulir pada tahun-tahun berikutnya.(ing)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *