oleh

Ingat, Mulai April, Pelanggan Listrik 450 VA Tidak Gratis Lagi

Barometer.co.id-Manado. Stimulus listrik bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, mulai April 2021 berkurang 50 persen. Artinya, pelanggan 450 VA yang selama ini mendapat subsidi listrik 100 persen alias gratis, mulai pemakaian April harus membayar 50 persen. Sementara untuk pelanggan 900 VA kini hanya mendapat subsidi 25 persen.

Sebelumnya, pelanggan 450 VA mendapat subsidi 100 persen, sedangkan pelanggan 900 VA subsidi mendapat subsidi 50 persen. General Manager PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo, Leo Basuki mengatakan, pengurangan subsidi ini karena pemerintah melihat perekonomian sudah mulai membaik. Walaupun demikian, pemerintah masih tetap memberikan stimulis listrik namun dikurangi 50 persen dari periode sebelumnya.

“Kami harus ingatkan lagi kepada masyarakat dengan daya 450 VA yang selama ini mendapat subsidi 100 persen, alias gratis listrik, mulai April ini sudah harus membayar walaupun hanya 50 persen dari pemakaian. Sedangkan untuk pelanggan 900 VA subsidi, dari yang sebelumnya mendapat subsidi 50 persen, kini tinggal 25 persen,” kata Leo pada acara ngopi bareng media, Rabu (31/03) kemarin.

Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT. PLN UIW Suluttenggo, Maria Gunawan secara rinci menjelaskan, pelanggan pascabayar dengan daya 450 VA yang termasuk golongan tarif R1,B1, I1, pemakaian kWh yang diberdison 50 persen yaitu maksimal setara 720 jam nyala, maksimum atau setara 324 kWh. kelebihannya dikenakan tarif normal. Pelanggan pun harus membayar tagihan listrik. Untuk pelanggan 900 VA (R1), pemakaian kWh yang diberi diskon 25 persen, yaitu maksimal selama 720 jam nyala, maksimum (648 kWh). Kelebihannya dikenakan tarif normal. pelanggan membayar tagihan listrik.

Untuk pelanggan prabayar dengan daya 450 VA (R1,B1, I1), diskon 50 persen diberi-kan ketika pelanggan mela-kukan transaksi pembelian token. Begitu juga dengan pelangan 900 VA (R1), diskon 25 persen diberikan ketia pelanggan melakukan transaksi pembelian token. “Untuk mendapatkan stimulus listrik ini, pelanggan harus menggunakan aplikasi PLN mobile,” jelasnya.

Ia mengatakan, di wilayah Suluttenggo, pelanggan listrik saat ini berjumlah 1,7 juta. Dari jumlah tersebut, yang mendapat stimulus listrik sebanyak 790 ribu pelanggan. Hadir juga pada kegiatan kemarin, Senior Manager SDM & Umum, Galih Chrissetyo yang memberikan closing statement.(ing)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed