oleh

456 Gereja di Minsel Aman Rayakan Paskah

Barometer.co.id-Amurang. Menjaga ada kemungkinan gangguan keamanan, Polres Minahasa Selatan (Minsel) menerjunkan personel di gereja-gereja. Penerjunan ini dalam rangka pengamanan perayaan Paskah di 456 gereja pada Minggu (04/04).

Pengamanan melibatkan 236 personel Polres Minsel didukung perkuatan dari unsur Koramil TNI / Kodim 1302 Minahasa, Sat Pol PP, Instansi terkait Pemkab Minsel, Panji Yosua GMIM. Turut menjaga keamanan dari umat Muslim yakni GP Ansor NU.

Terpantau kegiatan peribadatan umat Kristiani dalam rangka Perayaan Paskah, khususnya di wilayah Minsel, dilaksanakan dengan pembatasan jumlah jemaat yang hadir guna menerapkan disiplin Protokol Kesehatan, pencegahan Covid-19; sebagaimana himbauan pemerintah.

Untuk kegiatan pengamanan dilaksanakan dengan konsep terbuka didukung kegiatan intelijen di lokasi peribadatan. Sasaran pengamanan yaitu kegiatan peribadatan, masyarakat yang sedang beribadah, Gedung Gereja, kendaraan yang melintas ataupun parkir di lokasi tempat peribadatan juga pemukiman warga di seputaran tempat pelaksanaan Ibadah Perayaan Paskah.

“Pengamanan mengedepankan kegiatan preventif, humanis. Diawali dengan sterilisasi gereja dan mengawal langsung prosesi ibadah guna mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas ataupun aksi teror. Hingga akhir pelaksanaan Ibadah Paskah, situasi wilayah hukum Polres Minsel berada dalam keadaan aman dan kondusif,” terang Kabag Ops Polres Minsel Kompol Rahmad Lantemona, yang mengendalikan langsung tugas pengamanan.

Sementara itu, Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK menyatakan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah menjaga, mengawal, mengamankan serta mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan peribadatan Perayaan Paskah tahun ini.

“Apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh personel gabungan TNI/Polri, Sat Pol PP, Instansi terkait Pemda, Panji Yosua, saudara-saudara umat Muslim GP Ansor, unsur pimpinan dan warga gereja, serta seluruh pihak yang telah menjaga, mengawal, mengamankan serta mensukseskan seluruh rangkaian Ibadah Paskah ini. Mari terus kita jaga stabilitas kamtibmas, pererat tali silaturahmi dan perkuat toleransi antar umat beragama khususnya di wilayah Minsel yang sama-sama kita cintai ini,” ungkap Kapolres Minsel.(jim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *