oleh

NPC Sulut Optimis di PEPARNAS Papua 2021

Barometer.co.id-Manado. Menatap Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) di Provinsi Papua, 02-16 November 2021, National Paralimpik Comitte (NPC) Sulut optimis mampu mengulang hasil capaian prestasi di PEPARNAS Bandung, Tahun 2016 lalu.
Melalui Ketua Umum NPC Sulut, Billy Makal dan Sekum Richard Kundiman disebutkan telah disiapkan 20 atlet dari lima cabang olahraga untuk mempertahankan hasil PEPARNAS Bandung. Bahkan, Kundiman optimis NPC Sulut bisa meraih hasil lebih baik di Papua. Alasannya, dua cabor langganan medali yakni Renang dan Atletik masih akan diperkuat atlet atlet yang sukses di Bandung.
Untukmewujudkan tekad minimal mempertahankan hasil capaian di PEPARNAS Bandung, pihak NPC telah memprogramkan Training Center (TC) Luar bagi para atlet paralimpian mulai awal April 2021 ini. “Meski soal pendanaan masih perlu digeser, tapi kami telah memprogramkan TC Luar mulai April 2021 ini,” kata Kundiman.
Dikatakan Kundiman, dalam penyusunan anggaran kebutuhan mengikuti PEPARNAS Papua, dalam waktu dekat seluruh jajaran NPC Sulut yang akan dipimpin Ketua Harian, Hilman Firmansyah Idrus akan melakukan pertemuan terkait dengan kebutuhan riil dalam persiapan hingga keberangkatan ke Papua.
Sebab, dari data sementara, anggaran untuk keikutsertaan Kontingen Sulut di PEPARNAS Papua sangat minim. Bahkan, untuk kebutuhan TC belum mencukupi. Karena itulah, NPC Sulut akan berupaya melobi pemerintah provinsi Sulut agar dana yang sudah ada bisa ditambah melalui APBD Perubahan.
“Kami berharap dana yang sudah ada di Dispora Sulut bisa segera digunakan untuk program TC. Sementara untuk pengadaan perlengkapan kontingen dan perlengkapan tanding masih akan dinegosiasikan dengan Pemprov Sulut melalui Dispora,” tukas lelaki perlente yang akrab disapa Paman.
Sementara cabor yang telah siap melaksanakan TC Luar adalah Atletik, Renang, Tenis Meja, Catur dan Panahan. Dua cabor langganan PEPARNAS, yakni Angkat Berat dan Bulutangkis untuk sementara tidak diikutsertakan karena peluang meraih medali sangat tipis. “Untuk kali ini NPC Sulut lebih fokus ke cabor potensi medali di PEPARNAS,” imbuh Paman.
Perenang andalan NPC Sulut, Tangkilisan Steven Sualang bersama Gerry Tuwaidan juga memastikan siap mempertahankan hasil capaian di Bandung. Demikian pula dengan atlet harapan Sulut di Cabor Atletik, yakni Susan Unggu, yang juga telah siap mempersembahkan medali di Papua nanti.(hja)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed