oleh

Dorong Perekonomian UMKM, BRI Kanwil Manado Launching KlasterKu Keren

Barometer.co.id-Manado. Kantor Wilayah BRI Manado melaunching program KalsterKu Keren (K3) sebagai strategi bisnis BRI mendorong pertumbuhan perekonomian UMKM, Senin (05/04).

“Kami ingin menjadikan klaster usaha sebagai pondasi pertumbuhan yang berkelanjutan bagi UMKM melalui kolaborasi berbagai unsur yang menjunjung tinggi kreatifitas, sehingga terwujud inklusi keuangan yang menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat, program ini kami namakan K3 atau Klaster Ku Keren,” kata Regional CEO BRI Kanwil Manado, John Sarjono.

Saat ini sudah terdapat satu klaster unggulan di 18 Kantor Cabang di Kanwil BRI Manado dengan sebaran 4 Provinsi, yakni Provinsi Sulawesi Utara dengan klaster unggulan di bidang perikanan, Provinsi Gorontalo dengan klaster unggulan jagung dan perikanan darat, Provinsi Sulawesi Tengah dengan klaster unggulan Kopi, dan Provinsi Maluku Utara dengan klaster unggulan bidang perikanan dan pertanian.

Kedepannya diharapkan masing-masing Mantri di BRI Unit memiliki klaster binaannya masing-masing sesuai dengan wilayah kerja binaannya. Untuk mensukseskan terwujudnya inklusi keuangan yang bisa meningkatkan nilai ekonomi dan nilai sosial di masyarakat, dibutuhkan kolaborasi dan peran dari Bank Indonesia, Pemerintah Daerah serta Dinas terkait bersama seluruh Unit Kerja BRI baik Kantor Wilayah Manado maupun Unit Kerja supervisinya sampai dengan BRI Unit dapat terjalin dengan baik.

Selain itu, dalam mensukseskan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui akses permodalan UMKM dengan KUR, Kanwil BRI Manado khususnya untuk wilayah Sulawesi Utara telah menyalurkan KUR sebesar 246.6 Milyar (14%) s.d. 31 Maret 2021 dari alokasi KUR wilayah Sulawesi Utara sebesar 1,75 Triliun. Hal tersebut diatas sejalan dengan tagline bisnis mikro BRI dalam situasi pandemi yaitu Tulus memberi Makna karena dapat mendorong konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan perekonomian khususnya di sektor UMKM.

Senior Executive Vice President (SEVP) Operation BRI Muhammad Syafri Rozi turut hadir secara langsung dalam acara Launching Program Klusterku keren (K3). Dalam sambutan Muhammad Syafri Rozi mewakili direksi BRI menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pekerja yang bekerja dengan ketulusan tinggi untuk menyelamatkan UMKM sehingga Bank BRI dapat mengubah kesulitan menjadi daya saing baru (new competitive advantage) yang membawa Bank BRI semakin tangguh.

Selain itu disampaikan juga dalam situasi mempertahankan kinerja agar tetap positif, Bank BRI masih mengambil peran yang besar dalam menyukseskan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) seperti penyaluran stimulus subsidi Bunga, BPUM, KUR Supermikro dan program lainnya yang sangat membantu pelaku UMKM untuk dapat bertahan di tengah pandemi.

Hal ini sejalan dengan strategi bisnis BRI dalam situasi pandemi yaitu business follows stimulus, karena dengan adanya stimulus dapat mendorong konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan perekonomian.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed