oleh

Listrik Padam Akibat Cuaca Ekstrem, PLN Bereaksi Cepat Upayakan Penormalan

Barometer.co.id-Manado. Cuaca ekstrim yang melanda kota Manado dan sejumlah daerah di Sulawesi Utara, Minggu (18/04) malam, mengakibatkan listrik padam di beberapa wilayah. PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo pun bersama Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado langsung bertindak cepat untuk mengatasi putusnya aliran listrik sesaat tersebut. 

Terputusnya aliran listrik sebagian pelanggan tersebut diakibatkan indikasi gangguan yang disebabkan cuaca Ekstrim, sehingga 439 Gardu Disitribusi dan 13 penyulang di kota Manado, sebagian Minahasa Utara/Likupang dan Kotamobagu perlu dilakukan recovery/pemulihan.

General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki menerangkan, sejak terdeteksi terhentinya pasokan tenaga listrik, Tim PLN segera melakukan identifikasi sumber gangguan dan segera melakukan upaya pengamanan dan upaya penormalan pada daerah terdampak.

“Saat ini tim dari PLN UP3 Manado tengah mengamankan titik gangguan, termasuk adanya pohon tumbang yang mengenai Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) yang sedang dilakukan perbaikan,” terang Leo.

Tim recovery PLN berupaya secepatnya untuk melakukan penormalan sistem kelistrikan, sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali pulih. Hingga pukul 21.00 WITA, sebanyak 223 Gardu Distribusi berhasil dinormalkan sehingga 24.753 Pelanggan dapat kembali menikmati listrik dari Total 439 Gardu  dan 48.279 pelanggan yang terdampak.

Upaya penormalan langsung dilakukan oleh PLN dengan SOP pengalihan beban untuk meminimalisasi luasnya daerah terdampak, salah satunya dengan melakukan manuver memberikan pembebanan pada GI yang terganggu secara bertahap.

PLN mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan terhentinya aliran listrik sementara, dan terus berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik demi pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Masyarakat juga dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui Contact center PLN 123 yang dapat diakses lewat telepon (kode area) 123, media sosial Facebook di PLN 123, Twitter di @pln_123, instagram @pln123_official, email di pln123@pln.co.id, atau melalui aplikasi one-stop service, PLN Mobile demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja.(ing)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *