oleh

Program Berkat, Pemkot Bitung Lindungi 25.000 Tenaga Kerja Informal

Barometer.co.id-Bitung. Pemerintah Kota Bitung melaksanakan penandatanganan MOU dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk perlindungan kepada 25.000 pekerja informal rentan secara bertahap di tahun 2021, Rabu (22/04). Hal ini merupakan komitmen Walikota Bitung Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Hengky Honandar dalam melaksanakan Instruksi Presiden No 2 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Perlindungan ini dinamakan program “BERKAT” sesuai dengan misi walikota dan wakil walikota bitung yang merupakan singkatan dari Buat Mereka Tersenyum.

Maurits menyampaikan dengan program perlindungan Jaminan Sosial ini diharapkan masyarakat pekerja informal di kota bitung dapat tersenyum karena merasakan keamanan saat bekerja dan merupakan bukti kehadiran pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Di saat bersamaan juga dilaksanakan Penandatanganan MOU antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pelabuhan Perikanan Samudra Bitung tentang Kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi tenaga kerja (awak kapal perikanan) di wilayah operasional pelabuhan perikanan samudera bitung.

Tri Aris Wibowo selaku Kepala Pelabuhan Perikanan Samudra Bitung menyatakan bahwa penanda tanganan MOU merupakan tindak lanjut Inpres 2 tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan sudah berjalan sejak tahun 2019 tetapi dengan adanya PP No 27 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Kelautan dan Perikanan sehingga ada penyempurnaan pelaksanaan program-program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang akan dilaksanakan di wilayah operasional Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung.

Hadi Purnomo Deputi Direktur Bidang Kepesertaan Program Khusus BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan bahwa bitung merupakan PEMDA pertama di Indonesia yang sudah melaksanakan intruksi presiden No. 2 Tahun 2021 dengan melindungi Pekerja Informalnya dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Diharapkan dengan program berkat ini rencana pemerintah kota bitung untuk melaksanakan universal coverage masyarakat pekerja di Kota Bitung dapat segera terealisasi.

Hendrayanto Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Manado menyampaikan sangat bersyukur pemerintah kota bitung mendukung program BPJS Ketenagakerjaan, “Untuk itu, kita juga akan selalu support dan membantu pemerintah kota bitung untuk mencapai universal coverage untuk masyarakat pekerja,” katanya.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *