oleh

PT DAW Lirik Lulusan SMK Kristen Getsemani Manado

Barometer.co.id – Manado

Langkah pemerintah untuk mendorong “perkawinan” antara Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan SMK diharapkan mampu memberi dampak positif bagi kemajuan pendidikan vokasi di Sulut.

Di mana, kolaborasi bersama DUDI dalam penyusunan kurikulum pendidikan, praktek, uji kompetensi hingga penyerapan lulusan SMK diharapkan benar-benar terwujud.

Menurut Kepala SMK Kristen Getsemani Manado Drs Freddy Wurangian MSi, dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) pihak sekolah melibatkan DUDI dalam hal ini PT Daya Adicipta Wisesa (PT DAW) selaku main dealer sepeda motor Honda and sparepart Honda di wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara untuk menjadi penguji dari eksternal dalam UKK di sekolah.

“Sejak pelaksanaan UKK, semua siswa kelas 12 untuk kompetensi keahlian TBSM sudah dilirik untuk bekerja di AHASS bengkel resmi Honda. Ini tentu sangat menggembirakan bagi kami pihak sekolah,” ungkap kepsek, Rabu (28/04).

Ditambahkannya juga, kerjasama bersama pihak AHM yang dilakukan selama ini telah membawa banyak manfaat yang dirasakan langsung pihak sekolah terutama lulusan SMK Kristen Getsemani jurusan TBSM.

“Dukungan AHM melalui PT DAW juga sangat kami rasakan yakni ketika banyak lulusan kami langsung diserap oleh bengkel-bengkel AHASS,” tukas kepsek.

Dalam kesempatan terpisah, Yaap Gogali selaku penguji dari bagian technical training PT DAW, menyebutkan bahwa secara umum hasil UKK yang diikuti siswa sudah sangat baik. Bahkan ada beberapa siswa yang mampu meraih nilai sempurna diatas rata-rata sesuai standar di bengkel AHASS motor.

“Tugas yang kami berikan dapat diselesaikan dengan baik dengan waktu yang ditentukan. Ini juga sesuai dengan standar yang ada di bengkel Honda yakni bekerja cepat dan tepat. Mengingat waktu sangat penting seperti pelayanan di jaringan AHASS,” ujarnya.

Ditambahkannya lagi untuk tools yang ada saat ini sudah lebih dari cukup untuk melaksanakan UKK sesuai standar di bengkel AHASS.

“Pihak Honda juga siap merekrut lulusan dari SMK Kristen Getsemani khususnya di jurusan TBSM. Mengingat saat ini permintaan dari bengkel-bengkel AHASS cukup tinggi. Apalagi pihak bengkel AHASS diwajibkan merekrut tenaga kerja dari lulusan SMK,” tandasnya.(eau)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed