oleh

OD Suport Seleksi Kejurnas Pacuan Kuda Piala Presiden

Barometer.co.id-Manado. Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey (OD) memberikan support saat digelar Seleksi Daerah Pordasi Sulut dalam rangka menjaring kuda kuda terbaik di Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Piala Presiden, yang dijadwalkan berlangsung tahun 2021 ini di Pangandaran Jawa Barat.

Bukti konkrit terkait dukungan OD terlihat pada saat kompetisi Pacuan Kuda dalam rangka Seleksi Kejurnas Piala Presiden 2021 di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa, Tompaso, Minahasa, Sabtu (19/06) lalu. Menariknya, selain OD, pada ajang seleksi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, juga hadir Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama jajaran Forkompinda.

Bahkan, lomba Pacuan Kuda yang digelar untuk pertama kalinya di masa Pandemi Covid-19, juga dipantau langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman bersama Ketua Umum Pengurus Pusat Pordasi, Triwatty Marciano beserta petinggi KONI Pusat dan PP Pordasi.

Pantauan di lokasi lomba, hingar bingar para penonton tidak seperti lomba Pacuan Kuda sebelum Pandemi Covid-19. Pasalnya, seluruh yang ada dalam gelanggang harus menjalani Rapid Antigen. Hasilnya, banyak masyarakat yang tidak datang ke gelanggang untuk menyaksikan lomba.

Suasana lomba di kelas Derby 1.600 meter.

Meski demikian, tujuh kelas yang dipertandingkan, salah satu yang paling bergengsi adalah Derby 1600 meter yang memperebutkan Piala Ketua Umum KONI Pusat berlangsung sangat ramai berkat ketatnya persaingan antar kuda pacu.

Hasilnya, joki bernama Jonatan dengan kuda Resmob Vansel menjadi yang tercepat. Urutan kedua adalah joki Robby Saada dengan kuda Sky Prince dan ketiga adalah J. Paendong bersama kuda Glow Zeigen.

Tak kalah menarik adalah kelas 1600 meter terbuka yang memperebutkan Piala Ketua Umum PP Pordasi. Cahaya Sion dengan joki J Rori menjadi juara mewakili Manado. Peringkat kedua ditempatiF Sangian dengan kuda Dracarys Nagari dari Sitaro dan ketiga diraih wakil Manado yakni H.Paendong yang menunggangi Kapiten.

Sementara di kelas Perdana C/D 800 meter, Agung Roring dan kuda bernama Bennacer berhasil meraih Piala Wakil Bupati Minahasa. Kemudian di kelas A/B 800 meter yang memperebutkan Piala Bupati Minahasa dijuarai Walangtian yang menunggangi Aviator dari Jawa Barat.

Kemudian, Kelas D 1.000 meter memperebutkan Piala Pangdam XIII Merdeka, juaranya adalah S.Wenas dengan Alexa Zigen dari Minahasa. Pada kelas Pemula C/D 1.000 meter 2 Tahun, Paendon bersama kuda Catarina dari Manado menjadi yang tercepat dan berhak atas Piala Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Sejumlah tokoh penting hadir dalam Seleksi Kejurnas selain Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur sekaligus Ketua Umum KONI Sulut Steven Kandouw, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, Waketum II KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, Ketua Umum Pordasi Sulut Ferry Wowor beserta jajaran, Waketum II Widodo Edi S., Ketua Komisi Pacu Harsoyo, Wakabid Pengembangan Gusrial, dan Kabid Media & Publikasi Ahmad Reza dan lain sebagainya.

Hadir juga anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) antara lain Pangdam XIII Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, Kabinda Sulut Laksma TNI Adriansyah, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Danlantamal VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, Kepala Bakamla Sulut Laksma TNI Hanarko Djodi, Wakapolda Sulut Brigjen Pol. Rudi Darmoko. Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut juga turut hadir pada kegiatan tersebut. (hja)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *