oleh

Agustus, Terminal Baru Bandara Sam Ratulangi Diresmikan

Barometer.co.id-Manado. Proyek perluasan terminal dan pembangunan fasilitas penunjang Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado saat ini sudah hampir selesai. Rencananya, pada Agustus 2021 mendatang, terminal baru bandara Sam Ratulangi ini akan diresmikan.

“Ancar-ancarnya terminal baru diresmikan bulan Agustus,” kata General Manager PT. AP I Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T. Gandeguai Rabu (23/06).

Ia mengatakan, saat ini pihak kontraktor tinggal menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kecil yang diperkirakan akan selesai dalam waktu dekat ini. “Saat ini juga sedang dilakukan pekerjaan sinkronisasi terminal baru dan yang lama. Tiang-tiang yang dilapisi ACP berwana hijau dan biru di terminal lama sudah dilepas. Nantinya warnanya akan diseragamkan dengan yang ada di terminal baru. Atap juga sudah dicat seperti warna di terminal baru,” jelas Minggus.

Terkait garbarata, menurut Minggus belum dipasang karena memang tidak termasuk dalam kontrak pembangunan terminal baru ini. Kontrak pekerjaan hanya sampai pada pembangunan dua fixed bridge. Sedangkan garbarata akan dikerjakan sendiri. “Untuk garbarata akan dipasang pada bulan Desember mendatang,” ujarnya.

Terminal bandara Sam Ratulangi nantinya akan memiliki luas 57,296 M2 dengan kapasitas 5,7 juta penumpang per tahun. Sebelumnya, luas terminal hanya 26.481 dengan kapasitas 2,6 juta penumpang per tahun. Fixed bridge juga akan ditambah dua, sehingga total menjadi lima fixed bridge. Selain itu, counter check in juga ditambah menjadi 45 unit dari saat ini 30 unit. Untuk area parkir, nantinya akan dapat menampung 650 mobil dari saat ini 350, serta 760 unit motor.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed