oleh

Pasca Puting Beliung, Bupati Minta Warga Tetap Waspada

Barometer.co.id – Amurang. Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar (FDW) di dampingi Wakilnya Petra Yani Rembang (PYR) mendatangi lokasi bencana Puting Beliung di Desa Tumaluntung dan Tumaluntung 1 Kecamatan Tareran pada akhir pekan kemarin. Didampingi Kapolsek, Koramil, Dinas terkait mendatangi posko dan rumah-rumah warga yang tertimpa bencana.

Usai memantau kondisi rumah warga, Bupati secara simbolis menyerahkan bantuan ke sejumlah warga yang terdampak bencana. Dalam sambutan Bupati menghimbau kepada warga agar selalu waspada dan selalu berdoa. Diharapkan kesiapan cepat tanggap seluruh komponen, bila ada bencana kedepannya.

“Musibah kita tidak tau kapan akan datang seperti saat ini. Maka marilah kita selalu berdoa dan mengandalkan Tuhan. Sehingga kita dapat dimampukan. Selain itu juga tetap berupaya agar dapat meminimalisir dampaknya bila terjadi bencana,” ujar Bupati.

Bupati menegaskan agar bantuan yang ada agar disalurkan ke warga yang terdampak bencana ini,”untuk semua bantuan yang ada harus diberikan kepada warga, dan kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh para dermawan dan dermawati serta para petugas dan masyarakat yang membantu warga yang mengalami musibah ini,”tegas bupati.

Sementara itu oleh pantauan nampak warga yang mengalami musibah mulai memperbaiki rumah mereka. Dari memasang atap seng yang tercabut karena serangan atau hantaman kerasnya angin Puting beliung dan mengganti atap kayu yang rusak atau patah. Kerja bakti juga terlihat untuk membersihkan pohon yang roboh di halaman rumah serta  ranting-ranting yang berserakan.

Upaya pembersihan juga melibatkan dari Pemerintah Kabupaten Minsel lewat Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Propinsi Sulut. Juga tampak TNI, POLRI mengirimkan personel dan bantuan. Turut TAGANA berada dilokasi membantu warga dari dampak bencana.

Sejumlah bantuan terus mengalir, dari Dinsos Minsel bantuan antara lain, Beras, tepung, mentega, gula pasir dan makanan anak. Sedangkan dari Polres Minsel makanan mie instan. BPBD berpartisipasi memasang tenda darurat untuk tempat tinggal sementara bagi warga yang rumah mereka mengalami rusak parah. Dapur umum juga turut disiapkan. 

Diketahui bencana Puting Beliung yang
terjadi di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (24/06) sekira pukul 16:30 waktu setempat.(jim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed