oleh

Pasar Rakyat Berdikari Tumpaan Diresmikan Wamendag

Barometer.co.id – Amurang. Pengembangan wilayah dengan prinsip pembangunan berkelanjutan terus dibuktikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel), di bawah pimpinan Bupati Franky Donny Wongkar, SH, dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang. Kali ini, dibuktikan lewat peresmian pasar rakyat Berdikari Tumpaan, Selasa (29/06).


Pasar rakyat Berdikari Tumpaan yang merupakan salah satu pasar yang dimiliki Pemkab Minsel, diresmikan langsung Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Republik Indonesia (RI), Dr. Jerry Sambuaga.
Wabup Petra Rembang, dalam sambutannya mewakili Bupati Franky Wongkar, mengatakan bersyukur dan bangga menyambut kedatangan Wamen Perdagangan RI Dr. Jerry Sambuaga, yang juga merupakan putra terbaik kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara.


“Melaui koordinasi dengan pemerintah pusat, dan bantuan juga arahan Wamen Perdagangan, serta kerjasama selama ini yang diberikan, Kabupaten Minahasa Selatan boleh membangun pasar rakyat Berdikari Tumpaan,” ujar Wabup bersahaja ini.

Dijelaskan Wabup Petra Rembang, pembangunan pasar tersebut berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 54 Tahun 2020 tentang penugasan Bupati/Walikota dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembangunan  dan atau revitalisasi sarana perdagangan.
“Berupa pasar rakyat dan gudang nonsistem semi gudang yang didanai melalui Dana Tugas Pembantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2020, dengan nilai kontrak sejumlah 3 miliar 625 juta. Pembangunan tersebut dilaksanakan selama 120 hari kalender, dengan luas bangunan 684 meter persegi, yang terdiri dari 96 unit lapak dan 10 unit kios. Untuk pengelolaan pasar Kabupaten Minahasa Selatan dilaksanakan Perusahaan Daerah (PD) Cita Waya Esa (CWE),” jelas Wabup kelahiran Pakuweru ini.
Lanjutnya, dengan beroperasinya pasar Berdikari Tumpaan, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan pasar yang lebih bersih, sehat, aman, segar dan nayaman serta memberikan akses yang lebih baik kepada masyarakat konsumen. 
“Selain itu, keberadaan pasar ini juga akan membantu para petani dalam memasarkan hasil pertanian serta mendorong stabilitas harga pangan, sekaligus dapat dijadikan sebagai penggerak perekonomian daerah,” harap Wabup Petra Rembang.
Dikesempatan yang sama, Wamen Perdagangan RI Dr. Jerry Sambuaga, mengatakan pasar merupakan sentral aktivitas dalam kegiatan memenuhi kebutuhan sehari-hari.  
Dikatakannya juga, sinergitas antara pemerintah pusat dan Pemkab Minsel dibawah pimpinan Bupati Franky Wongkar dan Wabup Petra Rembang, terjalin dengan baik.  “Kami mengapresiasi hal tersebut. Kedepan terkait bantuan untuk Minsel, akan kami usahakan dan perjuangkan sesuai prosedur dan meknisme yang berlaku,” tutup Dr. Jerry Sambuaga. 
Usai peresmian pasar rakyat Berdikari Tumpaan, Wamen Perdagangan Dr. Jerry Sambuaga, Wabup Petra Rembang dan rombongan melanjutkan peninjauan SRG Gudang Silo di Kapitu, Kecamatan Amurang Barat.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim Minahasa Letkol Inf. Helbert Andi Sinaga, SIP, Wakapolres Minsel Kompol Farly Rewur SH, MM, Kadis Perdagangan Adrian Sumuweng, SP, MSi, Camat Tumpaan Rolly Makauli, dan Dirut PD CWE Claudio Lumowa.(adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *