oleh

Waspada, Angka Kematian Lantaran Covid di Minsel Bertambah

Barometer.co.id – Amurang. Warga Minahasa Selatan (Minsel) harus lebih waspada menjalankan protokol kesehatan. Pasalnya status zona Covid-19 bakal naik menjadi oranye setelah kurang lebih dua bulan pada zona kuning. Kenaikan ini seiring bertambahnya kasus warga positif Covid.

Berdasarkan data terakhir, saat ini total 621 warga terkena Covid-19. 572 telah dinyatakan sembuh dan 42 diantaranya berakhir dengan meninggal dunia. Sedangkan yang masih aktif atau dalam perawatan dan isolasi mandiri sejumlah tujuh orang.

Kasus terakhir pada Rabu (30/06) kemarin satu orang tercatat warga Desa Tawaang Barat Kecamatan Tenga dinyatakan meninggal karena positif Covid. Warga berumur 80 tahun ini sempat menjalani isolasi di RSU GMIM Kalooran Amurang.

“Memang kita harus tingkatkan kewaspadaan dengan adanya kenaikan jumlah warga terkena Covid. Tetap laksanakan protokol secara ketat yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan di vaksin,” beber Kepala Dinas Kesehatan dr Edwin Schouten.

Dia juga mengharapkan dapat membatasi aktifitas. “Pendemi masih berlalu, maka itu diharapkan kepatuhan dari masyarakat. Bila tidak ada keperluan mendesak sebaiknya jangan keluar rumah. Perlu diketahui angka kematian karena Covid di Indonesia lebih tinggi yakni 2,75 persen dibanding global yang 3,16 persen,” jelas Schouten.

Sementara itu perlu diketahui zonasi Covid terbagi pada lima tingkatan. Zona oranye masuk pada tingkat ke-3. Pada zona oranye, jumlah kasus yang ada di wilayah tersebut sudah relatif banyak.

Dalam hal transmisi atau penularannnya, zona risiko sedang ini dipastikan ada dan lebih luas dibandingkan di zona kuning. Skor yang diperoleh berdasarkan 15 indikator penentu zonasi wilayah untuk zona ini ada di kisaran 1,9 sampai 2,4.(jim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed