oleh

PLN bersama PIKK UIW Suluttenggo Panen Hasil Budidaya Hidroponik

Barometer.co.id-Manado. PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo bersama dengan PIKK memetik hasil tanaman yang sudah bisa dipanen dari program budidaya hidroponik, Jumat (09/07). Hadir pada panen tersebut, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan, Maria Gunawan, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum, W. Gautama, serta Ketua PIKK Fransisca Leo Basuki.

Dalam sambutannya mewakili manajemen PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo, Maria Gunawan menjelaskan bahwa pihaknya memberikan dukungan penuh atas program yang melibatkan PIKK PLN UIW Suluttenggo ini.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pegawai dan juga PIKK yang sudah memulai proses hidroponik ini sehingga pada saat ini kita bisa merasakan hasil dari usaha kita bersama yaitu memanen tanaman hidroponik yang sudah kita taman, rawat dan pelihara,” sambut Maria.

Fransisca mengatakan, pengurus serta seluruh anggota PIKK mendukung penuh program budidaya hidroponik ini. “Di masa pandemi yang belum berakhir ini tentunya kita harus terus produktif dengan tetap beraktifitas untuk menjaga kesehatan jasmani, salah satunya dengan bercocok tanam hidroponik ini,” ujarnya.

“Selain untuk ketahanan pangan, program ini juga dapat mendukung gerakan penghijauan diseluruh kantor unit PLN yang tersebar di Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo,” tambah Fransisca. 

Dalam Budidaya Hidroponik, air menjadi kebutuhan utama bagi tanaman. Untuk itu sangat diperlukan pompa air yang digerakkan oleh energi listrik untuk bisa mengoperasikan pompa air agar bisa terus mendistribusikan pasokan air ke wadah-wadah penampungan. Hal ini yang ingin disampaikan PLN yaitu terkait Electrifying Culture di mana listrik sangat memberi peran di semua sektor yang ada.

Selesai memanen, hasil dari tanaman hidroponik tersebut langsung diolah menjadi bahan makanan dengan memanfaatkan kompor induksi sebagai kompor pintar yang lebih aman, nyaman, bersih, serta ramah lingkungan.

Dalam kesempatan ini juga PLN ingin mengkampanyekan penggunaan kompor induksi yang dapat digunakan oleh masyarakat. Selain mendukung program pemerintah dalam mengurangi konsumsi gas, di sisi lain penggunaan listrik pada kompor ini sangat efisien sehingga faktor ekonomisnya bisa dirasakan.(ing)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed