oleh

Sistim Informasi Harga Disperindag Sulut Sediakan Data dengan Cepat

Barometer.co.id-Manado. Untuk menyediakan informasi pergerakan harga bahan pokok dan komoditi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara kini tengah membangun satu Sistim. Sistim tersebut nantinya akan menampilkan harga terkini maupun dalam periode tertentu dengan cepat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Edwin Kindangen, melalui Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Ronny Erungan mengatakan, selama ini pihaknya memang sering dimintai data terkait harga bahan pokok dan komoditi. Untuk itu pihaknya membangun sistim ini agar dapat menyediakan data dengan cepat.

“Melihat banyaknya permintaan akan data harga bahan pokok maupun komoditi untuk periode tertetu, seperti bulan sebelumnya ataupun tahun sebelumnya, maka kami membangun sistim yang bisa menyediakan informasi tersebut dengan cepat,” kata Erungan.

Ia mengatakan, sistim tersebut menyediakan data harga bahan pokok dan komoditi sejak tahun 2020. Untuk tahun 2020, harga yang tersedia merupakan rata-rata setiap bulan. Sedangkan untuk tahun 2021, data harga tersedia dalam rata-rata setiap pekan dan setiap bulan.

“Data tersebut juga menyediakan grafik pergerakan harga, baik untuk tahun berjalan dari bulan ke bulan hingga perbandingan dengan tahun sebelumnya. Grafik tersebut akan sangat membantu dalam melakukan analisa, sebab pergerakan harga maupun perbandingan dengan bulan ataupun tahun sebelumnya langsung terlihat,” jelas Erungan.

Jenis bahan pokok dan komoditi yang tersedia pada sistim tersebut menurut Erungan ada puluhan, mulai dari cabai, bawang, tomat, hingga kopra, cengkih dan bahan pokok serta komoditi lainnya.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed