oleh

Pemkab Minsel Tes Swab ASN, Lacak Covid-19

Barometer.co.id – Amurang. Menekan penyebaran Virus Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan berbagai upaya. Salah satunya dengan melalukan tes Swab bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di kantor-kantor pemerintahan Minsel.

Seperti terlihat pada Senin (02/08) tim Satgas Covid dari Dinas Kesehatan melakukan Swab Antigen di kalangan ASN atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Harian Lepas (THL) lingkup Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Ini dilakukan untuk melacak keberadaan Covid-19 untuk menekan penyebarannya.

“Kami melaksanakan pemeriksaan dimulai dari pukul 09:30 sampai 12.30 Wita. Ini dimaksudkan menelusuri Covid di kalangan ASN. Maksudnya kita dapat segera melakukan isolasi bila ditemukan sehingga penyebarannya dapat diatasi,” papar Kadis Kesehatan dr Edwin Schouten.

Dari Swab ASN di lingkup Disdikpora Minsel didapati ada satu orang yang memperoleh hasil positif. “Ya benar tadi hasil dari Swab ada satu orang terditeksi positif. Langsung dilakukan penanganan lebih lanjut,” ujar salah satu petugas pelaksana Swab.

Oleh Kadis Kesehatan dikatakan, bagi yang hasilnya positif akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Bila tidak ada gejala atau gejala ringan maka dimintakan melakukan isolasi mandisi. “Tentu dari Puskesmas terdekat dari rumah akan melakukan pemantauan dan pemeriksaan secara rutin sedangkan bila gejala berat akan dilakukan perawatan di rumah sakit,” sebut Schouten.

Sementara itu ASN yang mendapatkan hasil positif mengatakan bahwa dirinya memang ada gejala. Gejala yang dimaksud berupa batuk-batuk. Hanya saja menurutnya dia sudah melakukan vaksinasi Covid-19 lengkap.

“Memang kondisi saya saat ini ada batuk-batuk. Tapi saya cukup heran karena seminggu yang lalu sudah menyeledaikan vaksinasi kedua. Sekarang kita dianjurkan oleh petugas 14 hari untuk isolasi mandiri, tapi saya akan berusaha minum vitamin dan beristirhat secukupnya. Semoga secepatnya pada tes berikut sudah negatif,” bebernya.(jim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed