oleh

Maksimalkan Transaksi Digital untuk Minimalisasi Penularan Covid-19, Pertamina Diapresiasi YLKI

Barometer.co.id-Makassar. Di tengah pandemi Covid-19, pemanfaatan transaksi secara digital merupakan salah satu upaya meminimalisasi penularan virus Covid-19. Pertamina pun mengajak masyarakat melakukan transaksi non tunai di SPBU melalui aplikasi MyPertamina. Hal ini mendapat apresiasi dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Plt. Ketua YLKI Sulawesi Selatan, Ambo Masse mengatakan, masyarakat saat ini sudah terbiasa dengan transaksi secara digital. “Saya kira dari sisi konsumen juga sangat mendukung upaya untuk memasuki dunia cashless. Ini sangat membantu dari sisi efisien dan upaya edukasi kepada konsumen memasuki dunia digital,” katanya.

Ambo menambahkan, konsumen akan lebih banyak mendapatkan keuntungan apabila budaya bertransaksi digital ini menjadi kebiasaan baru. “Dengan transaksi secara cashless saat ini menjadi solusi untuk mengurangi tingkat resiko penularan COVID-19. Ini sangat didukung untuk dilakukan dan harus lebih banyak dimanfaatkan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin mengatakan bertransaksi menggunakan aplikasi My Pertamina di SPBU dipastikan aman. “Pertamina telah mengkaji dan memperhitungkan semua aspek yang dapat menjamin keamanan transaksi digital di SPBU, jadi masyarakat tidak perlu ragu untuk bertransaksi menggunakan aplikasi My Pertamina. Terdapat 2 macam transaksi yakni untuk roda empat dan roda dua. Untuk roda empat, operator akan membawa Mesin QR Code ke dalam kendaraan konsumen untuk dilakukan proses scanning pembayaran dan untuk kendaraan beroda dua disediakan transaction stand point yang telah dipastikan jarak amannya,” katanya.

Ia menambahkan, upaya penggunaan transaksi secara non-tunai ini sejalan dengan penerapan protokol COVID-19 di SPBU yang bertujuan agar masyarakat dapat lebih nyaman bertransaksi dan membeli BBM di SPBU di tengah pandemi COVID-19.

“Di SPBU sendiri, Pertamina telah menerapkan protokol kesehatan yang telah berlaku semenjak awal Pandemi COVID-19. Beberapa upaya telah dilakukan oleh Pertamina untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan yang hendak bertransaksi di SPBU, seperti disinfeksi berkala di semua fasilitas SPBU, pengecekan suhu tubuh bagi operator di awal shift kerja, penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SPBU, penggunaan masker bagi seluruh operator SPBU yang bertugas serta melakukan vaksinasi bagi operator SPBU,” jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk kenyamanan dan keamanan pelanggan, Pertamina juga mengimbau kepada pelanggan untuk selalu mengenakan masker ketika berada di area SPBU dan selalu menjaga jarak ketika sedang melakukan pengisian BBM di SPBU. (jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed