oleh

Tol Manado Bitung Seksi 2 Selesai Oktober, Dioperasikan Seluruhnya Desember 2021

Barometer.co.id-Manado. Progres pembangunan jalan tol Manado-Bitung seksi 2 sepanjang 13,5 km kini sudah mencapai 97,34 persen. Dengan capaian tersebut, pekerjaan diperkirakan akan selesai sesuai target pada bulan Okotber 2021.

Seksi 2 ini merupakan bagian terakhir dari jalan tol Manado-Bitung. Sehingga jika seksi 2 ini sudah selesai, maka jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 km ini akan selesai 100 persen dan sudah dapat digunakan dari Manado hingga Bitung, tepatnya dari ring road sampai di Pelabuhan Bitung. Sebelum ini, ruas tol yang sudah digunakan baru dari Manado sampai di Danowudu.

Pemimpin proyek Jalan Tol Manado Bitung, Muhamad Taufiq mengatakan, lahan untuk pembangunan jalan tol semuanya sudah bebas. Saat ini hanya ada beberapa bidang tanah yang akan dibangun fasilitas penunjang jalan tol yang belum bebas. “Secara keseluruhan, lahan yang sudah dibebaskan mencapai 95,37 persen. Namun untuk lahan jalan tol sendiri sudah bebas semua, sehingga pembangunan jalan bisa dilakukan dengan lancar,” katanya, Rabu (25/08).

Ia mengatakan, jalan tol Manado Bitung ini direncanakan dioperasikan secara penuh pada bulan Desember 2021. Sebab setelah selesai harus dilakukan dulu uji layak oleh Kementerian PU dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT).  “Uji layak tersebut akan dilakukan pada bulan November, dan jika lolos maka Desember sudah akan dioperasikan seluruhnya,” ujar Taufiq.

Trafik kendaraan per hari menurutnya masih berkisar antara 3.000 hingga 4.000 per hari. Namun pada akhir pekan, trafik meningkat hingga 4.500 kendaraan. “Jika sudah dioperasikan seluruhanya, trafik kendaraan akan meningkat. Sebab kendaraan dari pelabuhan, khususnya angkutan barang bisa langsung masuk tol. Dan jika lewat tol, maka akan menghemat waktu perjalanan sampai 30 menit. Sebab di jalan biasa banyak titik macet, terutama di Girian.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed