oleh

Beras Fortivit dari Bulog Jadi Pilihan Penanganan Stunting di Bitung

Barometer.co.id-Bitung. PT. Meares Soputan Mining (MSM) dan PT. Tambang Tondano Nusajaya (TTN) menyerahkan bantuan beras fortivit dan alat kesehatan Posyando di kota Bitung, Rabu (01/09/21). Bantuan beras fortivit tersebut adalah untuk penanganan stunting di Kota Bitung.

Bantuan ini disambut sangat baik oleh Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM, yang mengatakan hal ini menjadi salah satu fokus program kerja. Terlebih pada bulan Agustus 2021, Presiden mengeluarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Acara tersebut selain dihadiri walikota Bitung, juga wakil walikota Bitung, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung, Bulog Kanwil Sulut serta Dinas Kesehatan Kota Bitung.

Beras fortivit adalah beras yang mengandung vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi di dalam beras fortivit adalah Vitamin A, B1, B3, B12, B9 (asam folat), zat besi dan zinc. Kandungan tersebut sangat baik untuk pemenuhan gizi masyarakat sebagai salah satu pencegahan stunting. Sangat pas jika kandungan nutrisi vitamin dan mineral tersebut dimasukkan dalam beras. Dikarenakan makanan pokok masyarakat adalah nasi dari beras, yang dikonsumsi rutin setiap hari.

Masih banyak masyarakat yang enggan membeli/mengkonsumsi vitamin/suplemen dalam bentuk pil, tablet atau kapsul, dan tidak semua masyarakat mau rutin membeli/mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Kepala Bulog Kanwil Sulut dan Gorontalo, Eko Hari Kuncahyo mengatakan dengan adanya beras fortivit, maka masyarakat bisa mengkonsumsi vitamin dan mineral dari nasi yang dimakan setiap hari. Cara memasak beras fortivit pun sama seperti memasak beras pada umumnya, jadi tidak perlakuan khusus dalam memasaknya.

“Hal itulah yang menjadi alasan mengapa beras fortivit menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat untuk membantu penanganan stunting di Kota Bitung, Sulawesi utara. Beras fortivit juga bisa dibeli oleh masyarakat umum di pasaran atau bisa langsung membeli ke Bulog. Bahkan kondisi pandemi covid seperti ini masih bisa melakukan pembelian beras fortivit secara online melalui Tokopedia.com/bulogsulut,” kata Eko.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed