oleh

62.995 Warga Minsel Telah Divaksin Covid-19

Barometer.co.id – Amurang. Tercatat hingga Selasa (07/09) kemarin, 1.262 warga Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terkena Covid-19. 107 masih berstatus aktif dengan 50 dalam perawatan dan 57 isolasi mandiri. Sedangkan meninggal dunia 38. Untuk status masih pada zona orange dengan PPKM level 3.

Menekan penyebaran lebih lanjut, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Minsel gencar memberikan vaksinasi Covid-19 bekerjasama dengan sejumpah instansi. Saat ini dari target 189.263 warga yang akan diberikan vaksin, sekarang sudah mencapai 62.995 atau 33,38% untuk dosis pertama.

Dosis kedua yang saat sesuai laporan dari Dinas Kesehatan Minsel baru 20.227 warga atau 10,69%. Makanya kini pemerintah sedang konsentrasi mengajak warga yang telah memenuhi syarat mendapat dosis kedua, segera mendaftarkan diri.

“Seluruh fasilitas kesehatan kini terus didorong melayani vaksinasi untuk mencapai target agar herd immunity di Minsel dapat tercapai. Terutama untuk dosis kedua akan kita genjot dan menghubungi yang telah menerima dosis kedua dan memenuhi syarat untuk divaksin dosis kedua,” tutur Kadis Kesehatan dr Erwin Schouten.
Vaksinasi yang telah digunakan di Minsel selama ini telah tiga jenis. Pertama kali Sinovac yang berasal dari Cina, dilanjutkan Aztra Zeneca dari Inggris. Sedangkan Modena yang dikhususkan bagi tenaga medis didatangkan dari Amerika.

Mempercepat vaksinasi, Dinas Kesehatan juga kerjasama dengan sekolah-sekolah. Melalui kerjasama ini vaksinasi bagi siswa dilaksanakan di sekolah, seperti di SMP N 2 Amurang yang menyelenggarakan gebyar imunisasi.

“Pemberian vaksinasi memang sedang kita percepat. Tapi memang ada sejumlah kendala, terutama ketersediaan vaksin. Namun informasi yang diperoleh, kebutuhan vaksin segera terpenuhi,” jelasnya.

Dia juga memaparkan sedang berupaya memperluas sosialisasi pasa masyarakat. Selain protokol kesehatan dan Covid-19 juga vaksinasi. Ini dikarenakan banyak informasi hoax atau palsu dimasyarakat yang justru membahayakan upaya pemerintah ‘memerangi’ Covid.

Lanjut dia vaksinasi booster atau tahap tiga bagi tenaga medis juga sedang berjalan. “Sekarang sudah 594 tenaga medis menerima. Diusahakan booster yang menggunakan vaksin Moderna segera selesai,” kuncinya.(jim)
Capaian vaksinasi di Minsel dari targett 189.263:

Dosis 1: 62.995/33,28%

Dosis 2: 20.227/10,69%

Dosis 3: 594/0,31%

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *