oleh

PLN Kebut Perbaikan Tower Transmisi Poso-Sidera Pasca Bencana

Barometer.co.id-Poso. Curah hujan tinggi di wilayah Sulawesi Tengah pada 4 September 2021 lalu mengakibatkan banjir dan pohon tumbang di beberapa wilayah. Akibatnya, infrastruktur Tower Transmisi  44 dan 349 150 kV pada jalur Poso-Sidera mengalami gangguan pada konstruksi Tower Transmisi. Hingga Sabtu (11/09), PLN terus bergerak cepat melakukan pemulihan infrastruktur Tower tersebut.

Kondisi curah hujan yang tinggi mengakibatkan air sungai menggerus tanah di lokasi Tower Transmisi yang menyebabkan Konstruksi Tower Roboh. 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo, Leo Basuki mengungkapkan bahwa pasca Anomali Tower yang disebabkan air sungai yang menggerus tanah terjadi, pihaknya terus berkoordinasi dengan Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi yang dengan cepat dan tanggap untuk memperbaiki kerusakan yang timbul tersebut secepat mungkin.

“Tim PLN masih terus bekerja di lapangan, melakukan pendataan dan perbaikan di lapangan, sejauh apa kerusakan yang terjadi dan tentunya segera melakukan pemulihan,” terang Basuki

Langkah awal perbaikan yang saat ini sedang dilakukan adalah dengan membangun Tower Emergency agar tidak mengganggu pasokan listrik pada pelanggan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam siaran persnya menyampaikan sirkulasi siklonik terpantau di wilayah Selat Makassar hingga Sulawesi Tengah bagian Timur pada Sabtu, 4 September 2021.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

“Melihat apa yang disampaikan BMKG tentu kami terus bersiaga dan mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kelistrikan di sekitar,” tambah Basuki.

PLN mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan ketika musim hujan dan terjadi banjir. Masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui aplikasi New PLN Mobile demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja.(ing)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *