oleh

PLN Mobile Bukti Transformasi Nyata PLN

Barometer.co.id-TRANSFORMASI PLN yang sudah digagas pada bulan April tahun 2020 yang lalu ternyata bukan hanya sekedar seremonial biasa. Empat aspirasi yang tertuang dalam Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused menjadi tolak perubahan besar pada tubuh PLN terutama dari sisi layanan kepada pelanggan.

Perusahaan pelat merah yang bergerak di sektor ketenagalistrikan ini ternyata mampu menjawab tantangan dan kesempatan terutama pada masa pandemi COVID-19 saat ini, di mana seluruh layanan publik dituntut cepat dan aman serta online untuk menghindari kerumunan massa.

Unit Layanan Pelanggan sebagai tonggak utama pelayanan PLN tentu saja harus berbenah dari sisi pelayanan permohonan ketersediaan listrik hingga pelayanan pengaduan. Unit Layanan Pelanggan atau sering disingkat ULP merupakan Unit PLN yang sehari-hari melayani berbagai kebutuhan pelanggan yang menyangkut dengan layanan dan produk PLN hingga pengaduan serta gangguan.

WhatsApp-Image-2021-09-15-at-17.52.10-2

Hingga saat ini ada 44 Kantor ULP yang tersebar di berbagai daerah di wilayah layanan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo) yang kesehariannya bertugas menjaga distribusi pasokan listrik PLN.

Tentu saja masih hangat dalam benak kita mengingat antrian panjang yang dulu terjadi untuk membayar tagihan listrik di loket-loket PLN, berbagai pengaduan tentang kurangnya pelayanan PLN juga harus menempuh jalan yang jauh dari rumah hingga bisa ke kantor PLN, belum lagi masih harus menunggu di rumah dengan cemas kapan petugas dari PLN datang untuk menindak lanjuti pengaduan yang diberikan. Hal ini tentu sudah tidak relevan lagi terlebih di masa pandemi saat ini, di mana masyarakat dituntut untuk menghindari kerumunan.

Tampaknya Transformasi adalah jawaban yang diberikan oleh PLN untuk menjawab semua keresahan ini. Salah satu produk transformasi PLN adalah Aplikasi PLN Mobile di mana PLN berusaha membuat semua hal yang berkaitan dengan listrik menjadi sesuatu yang mudah dan terjangkau. Tidak ada lagi antrian panjang di loket pembayaran listrik, tidak perlu lagi mengunjungi kantor ULP untuk melakukan pengaduan atau keluhan terkait layanan PLN, tidak perlu lagi cemas menunggu petugas PLN yang entah kapan akan datang ke rumah kita.

PLN berusaha merangkum hampir semua layanan yang ada di ULP ke dalam satu platform aplikasi super PLN Mobile, mulai dari pembayaran tagihan listrik, pembelian token listrik, catat meter mandiri, pengaduan dan keluhan, pelaporan gangguan, pemantauan status pengaduan dan gangguan, monitoring history tagihan listrik dan pembelian token, langganan internet Iconnet, tambah daya, hingga yang terbaru sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 PLN me-launching fitur baru PLN Mobile berupa Pasang Baru dalam genggaman.

Leo Basuki selaku General Manager PLN UIW Suluttenggo menuturkan, “PLN berusaha memberikan solusi yang inovatif dan meningkatkan kualitas pelayanan demi menjawab kebutuhan listrik masyarakat pelanggan yang tentunya dapat dinikmati dan dirasakan langsung manfaatnya”.

Transformasi PLN ini juga tentunya sudah mendapatkan berbagai pengakuan dan apresiasi dari berbagai pihak baik internal BUMN maupun eksternal. Yang teranyar, Direktur Utama PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini bahkan meraih penghargaan Indonesia Best CEO Award 2021 “Employees’ Choice” pada kategori Electric Power yang diberikan oleh Iconomics Research and Consulting.(advertorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed