oleh

Pejabat Hasil Rolling Santai, Siap-siap Terdepak

Barometer.co.id – Amurang. Sejak bulan Agustus, Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar (FDW) melaksanakan rolling dan pergantian jabatan. Setidaknya telah lebih dari seratus jabatan pada eselon III dan IV telah diganti.

Meski telah dilantik, bagi pejabat baru dipastikan tidak akan tenang bila memiliki kinerja buruk. Pasalnya dari informasi yang diperoleh, Bupati FDW dan Wakil Bupati Petra Yani Rembang (PYR) bakal melakukan evaluasi kerja secara rutin. 

Hasil evaluasi kinerja akan berpengaruh pada jabatan. Bukan tidak mungkin tiap tiga bulan dilakukan rolling dan pergantian pejabat bila kinerja tidak memuaskan atau tidak sesuai ekspektasi. Sehingga semua pejabat diharapkan mampu menunjukan performa terbaik.

Evaluasi pejabat yang bakal rutin dilakukan membuka peluang bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang belum memiliki atau promosi jabatan. Evaluasi dan ketegasan dari kepala daerah ini juga diharapkan mampu menghasilkan pemerintahan yang kompetitif.

Pemerhati Minsel menilai adanya evaluasi secara rutin dan ketegasan berdasar profesionalisme merupakan langkah tepat. Sehingga upaya perubahan dan perbaikan kinerja pemerintah dapat benar-benar terwujud. Tidak mengandalkan kedekatan personal namun benar-benar kapasitas dan kapabilitas.

“Memang pada rolling dan pergantian pejabat yang dilakukan sejak Agustus meninggalkan banyak kekecewaan. Terutama dikalangan PNS diketahui memberikan dukung pada pemerintahan sekarang saat Pilkada. Namun bila memang sistem evaluasi ketat yang diterapkan, dapat memberikan harapan adanya perubahan di pemerintahan,” tukas Jhon Senduk.

Lebih jauh dia mengharapkan penilaian berbasis kinerja yang direncanakan jangan sampai pada perencanaan. “Selama ini kita mengetahui pemerintahan sebelumnya memberikan penilaian berdasar kedekatan serta like or dislike. Nah jangan sampai terulang. Karena ini Bupati, Wakil Bupati harus benar-benar mampu melakukan pengawasan sekaligus penilaian secara tepat. Tentunya diperlukan tim kuat yang mampu membantu memberikan penilaian secara profesional juga,” pungkasnya.(jim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed