oleh

Pembebasan Lahan Badan Jalan Ring Road III Sudah 95 Persen

Barometer.co.id-Manado. Sebagian besar lahan untuk badan jalan Ring Road III dari Winangun sampai Kalasey sudah dibebaskan. Sampai saat ini, lahan yang sudah dibebaskan sudah mencapai 95 persen.

“Untuk lahan yang akan dibangun badan jalan hampir seluruhnya sudah bebas, dan saat ini sudah mencapai 95 persen. Saat ini proses pembayaran ganti rugi terus berlangsung,” kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Sulawesi Utara, Steve Kepel, Kamis (07/10).

Steve Kepel.

Anggaran untuk pembebasan lahan Ring Road III ini menurut Kepel mencapai Rp40 miliar. Namun ia mengakui ada refocusing akibat pandemi Covid-19. Pihaknya menargetkan tahun 2022 mendatang seluruh lahan yang akan digunakan untuk pembangunan Ring Road III sudah dibebaskan. Termasuk ROW jalan yang luasnya bervariasi, tergantung dari topografi di wilayah tersebut.

Salah satu tantangan yang ditemui dalam membebaskan lahan menurut Kepel adalah memindahkan makam yang berada di jalur Ring Road III tersebut. Seperti di Winangun yang akan dibangun interchange Winangun. “Kubur ini tidak memiliki nilai ekonomis sehingga tidak dilakukan ganti rugi. Namun kami memiliki kewajiban untuk memindahkan kubur tersebut ke lahan pekuburan. Pemindahan kubur ini tidak bisa dilakukan di sembarang tempat, tetapi harus dipindahkan ke lahan pekuburan,” ujarnya.

Jalan Ring Road III dari Winangun sampai Kalasey memiliki panjang 11,4 km. Saat ini pembangunan tahap pertama sudah dimulai dari Kalasey sepanjang 1,5 km.

Jika sudah selesai dibangun, jalan ini akan memangkas waktu tempuh dari Winangun ke Kalasey maupun sebaliknya. Nantinya, kendaraan dari Tomohon, Minahasa, Minut dan Bitung yang akan ke Kalasey sampai ke Tanawangko hingga Amurang tidak perlu lagi masuk dalam kota Manado. Begitu juga sebaliknya. Sehingga kepadatan lalu lintas dalam kota Manado, terutama di wilayah yang rawan macet seperti Bahu, Ahmad Yani, Bethesda hingga Patung Samrat akan berkurang.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed