oleh

PLN Alirkan Listrik di Desa Patingke Kabupaten Parigi Moutong

Barometer.co.id-Parigi Moutong. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo (Suluttenggo) menghadirkan listrik di Desa Patingke, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. PLN menggelontorkan investasi sebesar Rp1,7 M untuk melistriki desa tersebut. Kini, 385 KK di desa tersebut sudah bisa menikmati listrik.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo, Leo Basuki mengatakan, dengan hadirnya listrik ini, diharapkan selain berfungsi sebagai sumber penerangan, juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta dapat menggerakan roda perekonomian daerah setempat.

“Dengan hadirnya listrik masyarakat dapat dengan mudah menjalankan aktivitas kesehariannya serta dengan memanfaatkan energi listrik diharapkan terciptanya usaha kerja baru yang bisa menggerakkan roda perekonomian daerah. Masyarakat diharapkan bisa menjaga aset PLN yang terpasang dan mengijinkan pohon yang sudah dekat dan mengancam  jaringan distribusi untuk ditebang. Selalu berkoordinasi dengan petugas PLN untuk menjaga keandalan sistim  yang ada di desa Patingke,” kata Basuki.

Tentu tidak mudah jika PLN sendirian dalam membangun infrastruktur kelistrikan, terutama dengan keterbatasan akses transportasi. Namun dengan bantuan pemerintah daerah dan masyarakat, upaya untuk melistriki Desa terutama di wilayah Terdepan, Tertinggal, Terluar (3T) dapat terwujud.

“Kami  memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang sudah bersinergi sehingga Desa Patingke kini dapat merasakan listrik dari PLN. Selain Desa Patingke, saat ini di Kabupaten Parigi Moutong juga sedang dalam progres terlistriki yaitu Desa Bainaa,” tambah Basuki.

Asman selaku Kepala Dusun Empat Durian Desa Patingke, menyampaikan masuknya listrik merupakan sebuah kemajuan bagi masyarakat di Desa Patingke, dimana harapannya masyarakat semakin sejahtera dan dengan mudah menjalankan aktifitas hariannya.

“Dengan hadirnya PLN maka masyarakat jadi sangat terbantu. Kami tidak perlu lagi membeli BBM untuk hidupkan genset pada malam hari,” ungkap Asman.

Selain itu, Asman mengajak masyarakat menggunakan listrik untuk kegiatan-kegiatan produktif, sehingga bisa memberikan tambahan manfaat perekonomian daerah tersebut.

Untuk melistriki Desa Patingke, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 12,81 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah 3,77 kms, 3 Gardu  Distribusi yang tersebar dengan kapasitas Total 150 kVA. Sementara untuk pasokan listriknya sendiri diperoleh dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Kotaraya.

Untuk kemudahan layanan listrik dimana saja dan kapan saja, Masyarakat pelanggan dapat mengakses layanan kelistrikan melalui Aplikasi PLN Mobile yang bisa di download di Play Store dan App Store. Nikmati Layanan PLN hanya dalam satu genggaman, PLN Mobile Semua Makin Mudah.(ing)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *