oleh

Melalui Program Upland, Modoinding Menuju Pertanian Modern

Barometer.co.id – Amurang.
Era baru pertanian di Kecamatan Modoinding sebagai daerah ‘emas’ Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dimulai lewat program Upland. Program ini merupakan model pengembangan pertanian terpadu yang terintegrasi, khususnya di daerah dataran tinggi.

Pencanangan program Upland dilakukan langsung Bupati Franky Donny Wongkar yang ditandai dengan penanaman kentang pada Rabu (17/11) di Desa Pinasungkulan. Nantinya Modoinding akan dikembangkan menjadi pertanian modern disesuaikan dengan pontensi daerah tersebut.

“Hari ini merupakan awal atau dari pelaksanaan model pengembangan pertanian terpadu yang terintegrasi, khususnya di daerah dataran tinggi. Sehingga nantinya terjadi peningkatan produksi hasil pertanian yang berujung pada peningkatan pendapatan petani,” kata Bupati. 

Adapun program Upland  merupakan kegiatan pertanian di dataran tinggi yang komprehensif, mulai dari pengembangan on-farm sampai off-farm. Program ini dibentuk demi meningkatkan kapasitas, daya inovasi, serta pendapatan petani. 

“Program UPLAND memiliki beberapa tujuan. Pertama adalah meningkatkan produktivitas pertanian dan pendapatan petani di daerah dataran tinggi melalui pengembangan infrastruktur lahan dan air.Kedua, mengembangkan sistem agrobisnis dan menguatkan sistem kelembagaan. Sementara tujuan ketiga adalah membangun sentra pembibitan yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana budidaya benih modern,” Ujar Bupati. 

Dijelaskannya lagi, melalui program tersebut, diharapkan kelembagaan petani akan mengalami peningkatan, menjadi mandiri, memiliki posisi tawar yang lebih baik, serta mampu mengembangkan pasar untuk komoditas pertanian domestik maupun ekspor. Selain itu, menurut Bupati, program UPLAND juga akan menjadi tantangan baru bagi masyarakat pertanian. Sebab, dalam pelaksanaannya, program UPLAND tidak boleh melupakan aspek lingkungan. 

Mensukseskan program Upland perlu kerjasama semua pihak. “Kami nantinya akan menghubungkan semua stakeholder dari on form sampai off farm. Sehingga ada sinergitas dari produksi sampai pada pasar. Mari kita sukseskan program ini demi kesejahteraan petani,” pungkasnya.

Minsel menjadi salah satu daerah terpilih mendapatkan program Upland dari total 14 yang tesebar di tujuh provinsi. Terpilihnya Minsel tak lepas dari usaha yang dilakukan oleh Bupati.(jim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed