oleh

Curah Hujan Meningkat, SMAN Marore Selalu Langganan Banjir

Barometer.co.id – Tahuna
Peningkatan curah hujan dalam beberapa pekan terakhir, berdampak pada meningkatnya ancaman bencana banjir dan tanah longsor diberbagai daerah.

Kekhawatiran ini juga dirasakan di SMAN Marore, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pasalnya, sekolah yang terletak di salah satu pulau terluar NKRI yang berbatasan dengan negara Filipina ini, selalu menjadi sekolah langganan banjir.

Menurut Kepala SMAN Marore Alwein Ponge SPd, selain ancaman banjir lantaran hujan. Banjir di sekolah dengan 50-an siswa tersebut juga selalu terjadi setiap bulan ketika datang air laut pasang.

Di mana, kondisi paling parah tentu akan terjadi ketika hujan dan disaat bersamaan datang air laut pasang, lokasi sekolah benar-benar jadi tempat penampungan air.

Pasalnya, letak sekolah berada di dataran yang lebih rendah dari bibir pantai, sehingga sekolah yang letaknya lebih kurang satu kilometer dari pemukiman warga selalu terkena banjir.

“Kami berharap, pemerintah memberi perhatian serius bagi sekolah ini. Adapun salah satu solusi adalah perbaikan saluran pembuangan ke pantai,” ungkap kepsek, Selasa (22/02).

Ditambahkannya lagi ancaman abrasi pantai juga perlu diseriusi, mengingat lokasi sekolah sangat dekat dengan pantai.

“Menghadapi ancaman abrasi pantai, mungkin perlu ada tanggul batu di pinggir pantai, mengingat letak sekolah juga tak jauh dari pantai,” harap kepsek (eau)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *