oleh

BAN Liow Harap SMS GMIM ke-18 Menjawab Keterpanggilan Gereja

Barometer.co.id – Sorong
Suksesnya penyelenggaan Sidang Majelis Sinode (SMS) GMIM Ke-81 yang berlangsung tanggal 28-30 Maret 2022 mendapat perhatian dari Ir. Stefanus BAN Liow, MAP (SBANL). Anggota Komite II  DPD RI ini mengucapkan selamat dan sukses bagi yang terpilih.

Di sela-sela kunjungan kerja terkait pengawasan pelaksanaan UU Nomor  17 tahun 2008 tentang Pelayaran serta perubahannya dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja di Kota Sorong Provinsi Papua Barat, dia mendoakan kepengurusan yang baru.

Politisi yang juga akrab dipanggil Steva ini mendoakan seraya menaruh harapan. Dia  mendambakan agar Pesta Iman Sinode GMIM yang sementara berlangsung dapat menghasilkan  program-program strategis  untuk menjawab keterpanggilan gereja. 
Dijabarkannya program-program perlu seiring dengan perkembangan zaman yang ditandai dengan era globalisasi, digitalisasi dan bonus demografi. Termasuk juga menyikapi pergumulan Covid-19 yang masih berlangsung.

Senator Stefanus Liow yang pernah menjabat Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM dan Anggota BPMS GMIM Periode 2014-2018 mengatakan dalam kurun waktu lima tahun kedepan, sangat dibutuhkan  peningkatan kualitas karakter dan spiritualitas Kristiani. Selain itu memberdayakan dan mendayagunakan secara optimal potensi gereja, termasuk masih banyak aset gereja baik bergerak maupun tidak bergerak yang harus jelas status hukum kepemilikannya. 

Stefa juga menyinggung terkait aset perlu menjaga keesan dan citra kelembagaan gereja. Demikian juga, kata Senator Stefanus Liow yang diawal menjabat Anggota DPD RI Tahun 2019 lalu menjadi Koordinator Tim Penyusun Rencana Strategi (Renstra) DPD RI Periode 2019-2024 ini bahwa sebagai gereja yang inklusif (terbuka), GMIM senantiasa menjaga kerukunan dan toleransi umat beragama.

“Kedepankan solidaritas sebagai anak bangsa untuk tetap merefleksikan nilai-nilai luhur Pancasila ditengah kehidupan pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegarah dalam wadah NKRI,” bebernya. 

Ketika ditanyakan media ini mengenai komposisi dan personalia BPMS GMIM Periode 2022-2027, Senator Stefanus Liow yang saat ini juga menjabat Pimpinan Kelompok (Fraksi) DPD RI di MPR RI dan Pimpinan Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD RI berharap dalam proses pemilihan benar-benar mengedepankan demokrasi gerejawi.  

“Senantiasa memohon tuntunan Roh Kudus, serta menjauhkan dari saling fitnah, iri, cemburu dan menaruh dendam akan yang lain tetapi justru saling menguatkan, menghormati, mengasihi, menjaga persatuan dan kesatuan gereja, karena persidangan dan pemilihan adalah bagian dari proses peribadatan, ” ucap Mantan Ketua Pria Kaumbapa Sinode ini. (ron)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *