oleh

Panen Kentang, Wabup Janji Sediakan Anggaran Untuk Program Upland

Barometer.co.id – Amurang 
Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Selatan (Minsel)Pdt. Petra Yani Rembang (PYR) bersama Kementrian Pertanian RI Panen Kentang di Desa Palelon, Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minsel, tepatnya di area lokasi Upland Project, Rabu (20/04).

Dalam sambutan Wabup PYR menyebut bahwa pada tahun 2021 untuk kegiatan the development of integrated farming system in Upland Areas (upland) dianggarkan sebesar Rp 7.356.000.000 dengan realisasi sebesar Rp 7.015.211.630 dan sudah di reimburse (kembali ke kas daerah) seratus persen.

Lanjut disampaikan Rembang, Pemkab Minsel sendiri tetap berkomitmen untuk menyediakan anggaran pembiayaan untuk pelaksanaan kegiatan Upland sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yaitu sebesar Rp 68.826.500 yang rencananya akan dilaksanakan selama empat tahun anggaran mulai tahun 2021 hingga tahun 2024.

“Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat Minsel memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pendonor dan Kementerian Pertanian RI yang telah memberikan kepercayaan kepada kabupaten Minsel. Dari sekian banyak kabupaten/kota yang ada di Indonesia, untuk menjalankan the development of integrated farming system in upland areas (upland),”ucap Rembang.

Rembang mengingatkan agar Kegiatan Upland ini berfokus didaerah dataran tinggi sehingga hanya dilaksanakan di Kecamatan Modoinding, panen kentang kegiatan upland tahun anggaran 2021, diharapkan seluruh kelompok tani penerima manfaat tetap solid untuk mensukseskan kegiatan ini baik 35 kelompok tani penerima manfaat upland tahun 2021 maupun 66 kelompok tani penerima manfaat tahun 2022. Dengan memanfaatkan bantuan yang diterima secara optimal agar benar benar memberikan dampak pada peningkatan produksi kentang khususnya dan peningkatan pertanian pada umumnya.

“Dinas pertanian selaku perangkat daerah Pelaksana Kegiatan Upland harus memanfaatkan dana Sesuaidengan peruntukkannya agar dana miliaran rupiah yang diterima dapat memberikan dampak yang Maksimal bagi pembangunan pertanian di kabupaten minahasa selatan,”tutup orang nomor dua di Minsel ini.

Pelaksanaan ini dihadiri Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Diwakili Oleh Kabid PSP, Bapak Ir. Bernst Runtuwene, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Selatan Franki Pasla, SE, M.Si, Beserta Jajaran, Camat Modoinding  Patrio Tandaju, SE, Pmc Regional VI, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Bapak Ir. Dedi Tooy, M.Si, Phd Bersama Civitas Akademika Fakultas Pertanian Unsrat Manado.

Adapun penerima bantun manfaat Upland tahun 2021 sebanyak 35 dan 66 Kelompok Tani Penerima Manfaat Upland Tahun 2022.(jim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *