oleh

Puncak Arus Mudik di Bandara Samrat Terjadi pada H-3, Penumpang Capai 5.109

Barometer.co.id-Manado. Pergerakan penumpang arus mudik Lebaran tahun 2022 di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado mencapai puncaknya pada Jumat 29 April 2022. Pada H-3 Idul Fitri tersebut, jumlah penumpang di bandara Internasional Sam Ratulangi mencapai 5.109 orang.

Jumlah tersebut hanya terpaut 14 persen dibanding tahun 2019 saat belum terjadi pandemi Covid-19. Pada 29 Januari 2019 lalu, jumlah penumpang sebanyak 5.913 orang.

“Kami memang memperkirakan puncak arus mudik Lebaran di Bandara Sam Ratulangi akan terjadi pada H-3. Dan ternyata memang pada H-3 atau tanggal 29 April jumlah penumpang jauh lebih banyak dibanding sebelumya. Bahkan sudah mendekati jumlah penumpang di masa sebelum pandemi,” kata General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T. Gandeguai, saat memantau Posko Angkutan Udara Lebaran, Sabtu (30/04).

Minggus Gandeguai saat memantau Posko Angkutan Lebaran.

Dari jumlah tersebut, penumpang yang datang sebanyak 2.372 orang sedangkan yang berangkat 2.737. Jumlah penumpang yang datang juga sudah di atas dua ribuan dibanding sebelumnya yang selalu di bawah dua ribu.

Untuk penumpang pada 30 April atau H-2 menurut Minggus diperkirakan tidak akan sebanyak pada H-3. Walaupun jumlahnya masih cukup banyak dibanding sebelumnya. Dan untuk arus balik menurut Minggus juga diperkirakan pada H+3 Lebaran.

Kota tujuan terbanyak dari Manado menurut Minggus adalah Jakarta dan Makassar. “Jakarta dan Makassar memang menjadi tempat transit bagi penumpang. Sebab di dua kota tersebut memiliki banyak pilihan penerbangan konekting ke kota-kota lainnya,” ujar Minggus.

Naiknya pergerakan penumpang selama musim Lebaran tahun ini juga membuat beberapa maskapai menambah penerbangan. Lion Air menambah dua penerbangan ke Makassar, sehingga saat ini maskapai tersebut memiliki empat penerbangan dari Manador. Sedangkan Garuda Indonesia menambah satu penerbangan ke Jakarta.

Sejak dibukanya Posko Angkutan Udara di Bandara Sam Ratulangi pada 25 April 2022 lalu, jumlah penumpang cenderung naik. Pada tanggal 25, jumlah penumpang hanya 3.699, tanggal 26 naik menjadi 3.996, tanggal 27 naik lagi menjadi 4.558 dan sempat turun sedikit pada tanggal 28 yakni 4.206. Namun pada tanggal 29 melonjak menjadi 5.109.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed