oleh

Trafik Layanan Data Telkomsel Tumbuh Hingga 21 Persen saat Idul Fitri

Barometer.co.id-Jakarta. Mengusung semangat #SambungkanSenyuman untuk kebaikan di sepanjang momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1443 H yang baru saja berlalu, Telkomsel sebagai society enabler konsisten berupaya memaksimalkan pengalaman digital bagi seluruh pelanggan.

Pengalaman digital melalui penyediaan jaringan broadband terdepan dengan konektivitas digital yang andal untuk kelancaran berkomunikasi serta kemudahan mengakses produk dan layanan digital terkini.

Berkat upaya tersebut, selama momen RAFI tahun ini, Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data hingga 45.1 Petabyte (PB), atau tumbuh 21 persen dibanding momen yang sama tahun sebelumnya.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, “Keluarga besar Telkomsel mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H kepada seluruh umat muslim di Indonesia. Semoga hari perayaan besar ini bisa menjadi momentum bagi kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih optimis dan aktif dalam menebar manfaat bagi sesama. Kami juga memaknai perayaan Idul Fitri kali ini sebagai momentum untuk terus membuka lebih banyak peluang lebih luas bagi masyarakat dalam menjaga tali silaturahmi dengan membangun semangat #SambungkanSenyuman untuk kebaikan di setiap aktivitas keseharian, dengan dukungan jaringan broadband berteknologi terdepan yang andal dan prima dari Telkomsel.”

Dengan semakin tingginya percepatan adopsi gaya hidup digital masyarakat saat ini, terutama sebagai dampak menyesuaikan kebiasaan baru di masa pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun terakhir, Telkomsel mencatatkan adanya lonjakan trafik layanan data pada periode Lebaran tahun ini sebesar 21 persen dibandingkan periode RAFI tahun lalu, atau 9 persen dibanding hari biasa.

Di sisi lain, untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice) di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022 masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Saki lebih lanjut menjelaskan, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI 2022 tersebut didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa.

Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen. Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp (tumbuh 35%), TikTok (meningkat 16%), Instagram (naik 15%), YouTube (melonjak 13%) dan Facebook (naik 1%).

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama RAFI 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) naik sekira 43 persen, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 34 persen, Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) sebesar 50 persen, wilayah Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) naik sekira 28 persen, dan wilayah Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 42 persen.

Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022, Telkomsel juga menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik di wilayah Pulau Jawa seperti provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Untuk wilayah Jawa Barat sendiri mengalami peningkatan kedatangan pelanggan sebesar 13 persen, sedangkan untuk Jawa Tengah meningkat sebesar 17 persen, dan Jawa Timur sekitar 6 persen, dibandingkan hari biasa.

Telkomsel sejak awal momen RAFI 2022 telah menegaskan komitmennya sebagai leading digital telco yang konsisten mendukung masyarakat melalui solusi kebutuhan yang customer-centric. Pada tahun ini, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 500 Point of Interest (POI) yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

“Kami merasa sangat bersyukur dapat kembali mengoptimalkan seluruh aset ekosistem perusahaan yang dimiliki untuk memberikan pengalaman aktivitas digital terbaik bagi seluruh pelanggan dengan baik selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Telkomsel juga berharap, momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini dapat menjadi momentum kebangkitan bagi seluruh bangsa Indonesia seiring dengan semakin cepatnya adopsi kebiasaan baru selama pandemi COVID-19,” pungkas Saki.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *