oleh

Bandara Sam Ratulangi Layani 61.975 Penumpang Selama Angkutan Lebaran

Barometer.co.id-Manado. Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022 Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, resmi ditutup Rabu (11/05). Selama periode angkutan lebaran sejak tanggal 25 April sampai 10 Mei 2022, bandara Sam Ratulangi melayani 61.975 penumpang, naik 253 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Posko ditutup secara resmi oleh General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T Gandeguai. Dalam acara penutupan ini, Minggus menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua instansi yang terlibat dalam Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu tahun ini.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh petugas yang setiap harinya senantiasa memberikan informasi terkini terkait bandara dan penerbangan. Serta  memberikan pelayanan  dalam rangka memperlancar arus mudik dan arus balik bagi para penumpang dengan melakukan pengawasan, pelaksanaan, persiapan, pemantauan dan pengendalian serta evaluasi Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022 (1443 Hijriah) di Bandara Sam Ratulangi Manado sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) dan aturan yang berlaku,” ungkap Minggus.

Minggus menambahkan bahwa pergerakan penumpang selama periode posko yang berlangsung selama 16 hari mulai tanggal 25 April hingga 10 Mei 2022, Bandara Sam Ratulangi Manado telah melayani sebanyak 61.975, naik 253%. Pergerkan pesawat sebanyak 586, naik 103%, dan kargo 557.649 kg, turun 7% jika dibandingkan dengan periode posko Lebaran tahun lalu. Adapun puncak arus mudik jatuh pada tanggal 29 April 2022 dengan total penumpang 5.109 dan puncak arus balik pada tanggal 8 Mei 2022 dengan total penumpang 4.477.

Jika pada rata-rata pergerakan penumpang per hari selama periode posko mencapai 3.873 penumpang sedangkan selama periode Januari-April 2022 rata-rata pergerakan penumpang per hari sebanyak 3.160 dengan total 379.171 penumpang, maka terjadi peningkatan rata-rata pergerakan penumpang per hari sebanyak 22%.

“Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan jumlah pergerakan penumpang yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan periode posko angkutan udara lebaran tahun lalu. Mengingat hal ini dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah yang lebih memudahkan masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran tahun ini. Hal ini menjadi pembangkit semangat bagi kita semua untuk dapat bangkit dari kondisi pandemi Covid-19,” ungkap Minggus.

Minggus juga mengingatkan agar seluruh instansi terkait untuk tetap memberikan pelayanan yang baik dan dapat terus melakukan improvisasi mengingat selama periode  posko terpadu angkutan udara Lebaran tahun ini, beberapa poin yang menjadi perhatian yakni pelayanan, kesiapan fasilitas bandara, dan penerapan protokol kesehatan.

“Dengan segala dinamika yang terjadi di lapangan selama musim mudik Lebaran kali ini, namun dapat kami sampaikan bahwa penyelenggaraan angkutan lebaran terpadu tahun 2022 di Bandara Sam Ratulangi Manado ini telah berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif.  Sekali lagi perkenankan saya mengucapkan apresiasi kepada seluruh personel yang turut ambil bagian dalam pelaksanaan posko terpadu,” ujar Minggus.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed