DPRD Minsel Bersama Eksekutif Sukses Tetapkan Propemperda

Barometer.co.id – Amurang
Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) jalan trans Sulawesi, Desa Teep, Kecamatan Amurang Barat, menggelar sidang rapat Paripurna dengan Agenda Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (PROPEMPERDA) tahun 2023, dan pembicaraan tingkat Ke – dua terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Minsel tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2023.

Pelaksanaan sidang rapat terkait PROPEMPERDA dan Ranperda tingkat dua, Kabupaten Minsel tentang APBD tahun 2023 dilaksanakan pada hari Jumat, 18 November 2022, dan dibuka langsung oleh Pimpinan Sidang Bapak Stefanus Lumowa SH.

Dalam persidangan yang dilaksanakan di ruang rapat DPRD Kabupaten Minsel, dihadiri oleh Bupati Minahasa Selatan. Franky Donny Wongkar, Sh (FDW) bersama Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang Sth. (PYR) hadir pada rapat Paripurna DPRD tersebut.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa berbagai krisis muncul dan mulai terjadi seperti krisis pangan, krisis energi, krisis keuangan dan pandemi Covid-19 yang belum berakhir di sejumlah negara.

Dimana di tengah ketidakpastian Global, ekonomi Indonesia justru tumbuh relatif cukup baik. Berdasarkan data badan pusat statistik provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bahwa sebelumnya 15 (Lima Belas) Kabupaten/kota di Sulut tercatat masih ada kemiskinan ekstrim.

Namun, di tahun 2022 ini, ada 2 (Dua) Kabupaten yang indikator kemiskinan ekstrimnya, mencapai titik Nol. 

2 (Dua) Kabupaten Itu adalah Kabupaten Minahasa Selatan Dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. 

Hal ini membuktikan bahwa Kabupaten Minsel mampu mengendalikan inflasi  yang menjadi bagian dari krisis Multidimensional yang sedang kita hadapi secara Global. 

Adanya pencapaian ini janganlah membuat kita berpuas diri, karena masih banyak pekerjaan yang harus kita kerjakan bersama-sama. 

Berbagai langkah – langkah konkret harus kita siapkan untuk menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat. 

“Mari kita perkuat sinergi, lakukan gebrakan, ciptakan inovasi dalam tanggung jawab dan tugas kita masing-masing untuk bersama-sama mewujudkan Minsel Yang semakin maju, berkepribadian dan sejahtera,” ujar bupati Wongkar.

Sementara itu Pimpinan Sidang mengajak seluruh komponen Pemerintahan yang ada mari kita bersatu-padu dan bekerja bersama mengawal pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat agar berjalan secara optimal demi kesejahteraan dan kemakmuran seluruh masyarakat Minsel.

“Saya berharap, kiranya sinergisitas dan komitmen yang telah kita wujudkan bersama saat ini dapat terus kita tingkatkan agar penyelenggaraan pemerintahan, pemberdayaan masyarakat dan keberlanjutan pembangunan dapat terlaksana secara optimal,” sebut Lumowa.

Dan akhirnya Lumowa berharap semoga setiap upaya dan kerja keras kita senantiasa mendapat tuntunan dan penyertaan dari Tuhan yang maha kuasa.(jim)

Amurang – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengelar sejumlah agenda, pada hari Senin, (05/09) bertempat di Ruang Sidang DPRD Minsel.

Setelah Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan tersebut dibuka oleh pimpnan sidang, dalam kesempatan ini Sekretaris Dewan Lucki Tampi membacakan pokok pikiran sidang paripurna pada saat ini, diantaranya,

I. Penyampaian laporan hasil reses III masa persidangan Ke-tiga tahun sidang 2021-2022
II. Penutupan masa persidangan Ke-tiga tahun sidang 2021-2022 dan pembukaan masa persidangan Ke-satu tahun sidang 2022-2023
III Pembicaraan tingkat Ke-dua terhadap rancangan peraturan daerah kabupaten Minsel tentang tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan. Dan pengelolaan keuangan daerah.
IV. Pembicaraan tingkat Ke-satu terhadap rancangan peraturan daerah yang berasal dari bupati tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan
V. Pembicaraan tingkat Ke-satu terhadap rancangan peraturan daerah yang berasal dari DPRD tentang, tata cara penyusunan Propemperda dan penaggulangan kemiskinan.

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH (FDW) menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minsel.

Dalam Kesempatan tersebut Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota dewan yang telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai wakil rakyat.

Dengan memanfaatkan masa reses yang ada untuk turun langsung di lapangan menyerap banyak harapan, keinginan dan kebutuhan masyarakat di dapil masing-masing.

Sehingga saat ini telah menyampaikan hasil reses tiga masa persidangan ke-dua tahun sidang 2021 – 2022.

“Selaku eksekutif, tentunya kami akan selalu terbuka terhadap berbagai saran, masukan dan pemikiran, teristimewa dalam pelaksanaan tugas DPRD sebagai wakil rakyat yang menyuarakan aspirasi masyarakat,” ucap bupati FDW.

Sementara itu Pimpinan sidanh meyatakan bahwa Kita sungguh memahami dan menyadari, ada berbagai macam aspirasi masyarakat yang belum terwujud, namun dalam keterbatasan, kita harus mampu memilih dan memilah, mana yang menjadi keinginan dan mana yang menjadi kebutuhan.

“Dengan tetap berkomitmen bahwa apa yang kita buat adalah demi kemajuan dan peningkatan taraf hidup dan tingkat kesejahteraan masyarakat kabupaten minahasa selatan yang kita cintai,”tutup Stefanus Lumowa SH.

Turut hadir pada rapat paripurna tersebut, Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang (PYR), Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Selatan Ibu. Glady Nova Lynda Kawatu, SH., M.Si, beserta Jajaran dan seluruh ketua fraksi dan anggota dewan Minsel.(jim)