oleh

BI Sulut Kolaborasikan Urban Economy Festival 2023 dengan MFW dan Madex

Barometer.co.id-Manado. Urban Economy Festival tahun 2023 ini akan menjadi lebih istimewa dibanding penyelenggaraan tahun sebelumnya. Hal ini karena Urban Economy Festival tahun ini akan dikolaborasikan dengan pelaksanaan Manado Fashion Week (MFW) dan Manado Expo (Madex). Kegiatan ini juga digelar untuk memperingati HUT Kota Manado ke-400.

Ajang yang akan digelar di Manado Town Square pada 11-16 Juli 2023 ini akan diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari pameran UMKM, talk show, lomba nyanyi dan dance hingga penampilan artis nasional. MFW yang juga merupakan bagian dari Manado Expo nantinya akan menampilkan 400 model yang akan mengenakan pakaian asli Sulawesi Utara hasil rancangan 16 perancang dari Sulut.

Urban Economy Festival kali ini pun akan mengangkat kearfian lokal, khususnya dalam bidang Kriya. Di mana nantinya UMKM yang akan mengikuti kegiatan ini akan menampilkan berbagai hasil Kriya dengan kearifan lokal Sulawesi Utara.

“Urban Economy Festival tahun 2023 ini merupakan penyelenggaraan yang kelima kalinya. Dan setiap tahun kami selalu berinovasi untuk membuat kegiatan ini semakin bagus dan interaktif. Tahun ini, kami menggelar Urban Economy Festival bertepatan dengan HUT Kota Manado,” kata Manager Fungsi Pelaksanaan Pengembangan UMKM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara, Wesky Putra Pratama pada konferensi pers, Selasa (27/06).

Wesky mengatakan, kegiatan ini juga akan mengangkat kearifan lokal Sulut, terutama dalam bidang Kriya, yakin kerajinan, pakaian dan kopi. “Tujuan digelarnya Urban Economy Festival adalah untuk memajukan UMKM supaya semakin berperan dalam pertumbuhan ekonomi. Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan UMKM akan semakin dikenal sehingga bisnis mereka juga bisa semakin maju. Dan akhirnya, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara akan semakin berkembang,” jelas Wesky.

Ia mengatakan, melalui kegiatan ini, Bank Indonesia Sulawesi Utara menargetkan transaksi senilai Rp2 miliar.

Panitia Manado Expo, Felix Palenewen menyampaikan, kegiatan ini seluruhanya akan menampilkan kearifan lokal. “Madex 2023 akan digelar di Mantos, baik di dalam mall maupun di luar. Nantinya pada ajang ini juga akan dicanangkan Manado Kota Fashion,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan mengundang tamu potensial untuk menghadiri MFW ini. Mereka akan menonton langsung di depan panggung dan nantinya diharapkan akan membeli pakaian yang dipamerkan.

Panitia Manado Fashion Week, Yvonne Tukunang mengatakan, nantinya akan ada 400 model yang akan tampil pada acara tersebut. “Mereka nantinya akan mengenakan pakaian hasil rancangan 15 perancang di Sulut. Berbagai model pakaian akan mereka kenakan. Kami berencana untuk menggelar fashion week ini di pedestrian depan Mantos. Namun kalau tidak memungkinkan, akan digelar di area parkir di samping pedestrian,” katanya.

Hadir juga pada konferensi pers ini, Merry Karouwan sebagai wakil dari Dekranasda Sulut.(jm)