Bupati Salurkan Bantuan Pupuk, Dan Perangkat Multimedia di Lalumpe

Barometer.co.id – Amurang

Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan menyerahkan bantuan pupuk kepada beberapa kelompok tani (Koptan). Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Franky Donny Wongkar SH, Rabu (30/08), di desa Lalumpe Kecamatan Motoling. Dalam acara tersebut, selain penyerahan Pupuk, Bupati juga menyerahkan sejumlah perangkat elektronik kepada tiga utusan golongan gereja yang dipilih oleh pemerintah desa.

Bupati menyampaikan, bahwa pemberian bantuan pupuk ini bertujuan untuk meringankan beban biaya para petani yang terdampak, dan diharapakan bisa mengatasi Inflasi, serta bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi para petani.
Menurut Bupat, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, terus berupaya untuk mensejahterakan para petani, dan melakukan pengembangan melalui Dinas pertanian dengan melakukan diskusi dan dialog bersama para petani terkait dengan kemajuan pertanian di Kabupaten Minsel.

Bupati Wongkar juga menyampaikan terkait dengan pupuk bersubsidi. Menurutnya bantuan itu sebagai stimulus dari pemerintah yang sifatnya sementara untuk meningkatkan kapasitas hasil pertanian para petani.

“Jadi para petani jangan terlalu berharap dengan bantuan subsidi ini. Saya melihat masih ada indikator lain untuk meningkatkan kesejahtera para petani, seperti halnya efisiensi dalam bertani di Kabupaten Minsel masih variasi, contohnya menanam padi dengan luas lahan yang sama tapi hasil panen tidak sama, karena teknik menanamnya kadang berbeda,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati meminta kepada para petani ini untuk studibading antar petani di Kabupaten Minsel, agar dapat saling bertukar ilmu terkait dengan pertanian, sehingga bisa memaksimalkan hasil pertanianya

Melalui hal-hal tersebut, Bupati berharap nantinya para petani bisa lebih sejahtera, dan tidak mengandalkan bantuan pupuk bersubsidi, mengingat subsidi langka tidak hanya di Kabupaten Minsel, namun juga di daerah-daerah lainya juga sulit.

“Semoga nantinya melalui efisiensi-efesiensi ini para petani biaya produksinya lebih kecil dan hasil panennya lebih banyak, sehingga lebih sejahtera lagi,” harap Bupati.

Pada acara yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Minsel, Drs Sonny Maleke menggelar pelatihan berdasarkan unit kompetensi program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja Kompetensi Multimedia, yang dihadiri oleh anggota DPRD Minsel Rommy Pondaag SH. MH, Camat Motoling, Hanna Manese Ssos. Msi, Pj Hukum Tua Lalumpe Ovler Sengkey STP. Msi. Pj Kumtua Motoling Dua Donald Pesik, Pj Hukum Tua Raanan Lama, Joel Tuar, Pj Hukum Tua Motoling Hesky Karundeng SH (Mor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *