Hadiri Silaturahmi di Minahasa, Wakapolda Sulut Ajak Elemen Masyarakat Jaga Keamana

Barometer.co.id, Minahasa – Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Jan de Fretes mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif.

Hal itu disampaikan Wakapolda saat menghadiri silaturahmi bersama FKUB, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan organisasi kemasyarakatan Kabupaten Minahasa, pada Kamis (7/12/2023), di aula Polres Minahasa.

“Tujuan silaturahmi ini sangat mulia. Kita bisa berbagi informasi, bertukar pikiran, dan pertemuan ini merupakan wujud sinergi kita bersama dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Irjen Pol Jan de Fretes mengawali sambutannya.

Lanjutnya, menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dijalankan sendiri oleh Polri.

“Polri tetap membutuhkan peran dari para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh-tokoh lainnya. Kita perlu ada sinergi, kolaborasi dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di Sulawesi Utara ini,” jelas Irjen Pol Jan de Fretes.

Dirinya mengapresiasi kehadiran FKUB, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan organisasi kemasyarakatan Kabupaten Minahasa dalam silaturahmi ini.

“Apresiasi dan terima kasih atas kehadiran bapak dan ibu sekalian. Kita berharap, melalui para tokoh agama dan tokoh masyarakat ini bisa memberikan masukan yang baik bagi masyarakat atau menjadi konsultan yang baik bagi masyarakat. Apabila ada masyarakat yang bertanya, berikan solusi-solusi terbaik untuk kedamaian dan kesejahteraan kita semua,” ujar Irjen Pol Jan de Fretes.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga menyampaikan kesan istimewa bahwa, Minahasa sejak dulu kental dengan nuansa hidup rukun dan damai.

“Saya dulu datang tahun 1989 dinas pertama di Sulawesi Utara ini, pertama kali datang itu di Tondano. Jadi Tondano ini, dari dulu memang damai. Jadi saya harapkan, para tokoh-tokoh bisa menjaga situasi ini, hidup rukun, damai, dan toleransi. Mari kita pegang teguh apa yang menjadi motto kita di Sulawesi Utara. Torang Samua Basudara, Si Tou Timou Tumou Tou. Ini harus tetap kita kumandangkan. Dan kita semua berdoa semoga Tuhan senantiasa memberkati tanah Sulawesi Utara ini,” pungkas Irjen Pol Jan de Fretes.

Sementara itu perwakilan tokoh masyarakat Minahasa, Donald Wagey, juga mengapresiasi silaturahmi ini.

“Karena maksud dan tujuan kegiatan ini dalam rangka membangun rasa kebersamaan dan persaudaraan antara satu dengan yang lain,” tuturnya.

Menurutnya, kehadiran Wakapolda dalam silaturahmi ini memberikan motivasi tersendiri bagi para tokoh agama, tokoh masyarakat dan lainnya untuk tetap bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kami percaya kehadiran Bapak Wakapolda bersama para Pejabat Utama Polda Sulut tentunya akan memotivasi kita semua. Sehingga ke depan kita akan tetap mampu menjaga keamanan dan ketertiban yang ada di Kabupaten Minahasa,” pungkasnya.

Silaturahmi tersebut dirangkaikan dengan pemberian tali asih kepada perwakilan peserta. Turut hadir dalam kegiatan di antaranya, para Pejabat Utama Polda Sulut, Kapolres Minahasa beserta jajaran, Kapolres Tomohon, pengurus FKUB, para tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua organisasi kemasyarakatan, dan ketua organisasi keagamaan Kabupaten Minahasa.

PLUR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *